Sepeda Air Listrik, Pendekatan Ramah Lingkungan

  • Associated Press

Stacey Kitchen mengendarai sepeda listrik hydrofoil Manta 5 di Danau Las Vegas, selama berlangsungnya Consumer Electronics Show (CES) 2020, di Henderson, Nevada, 10 Januari 2020. (DAVID MCNEW / AFP)

Sebuah perusahaan Selandia Baru menawarkan sepeda air bertenaga listrik untuk menggantikan jet ski. Sepeda air ini ramah lingkungan, termasuk tidak mengeluarkan polusi suara. 

Saat dipertontonkan di Sungai Seine di Paris, Prancis, sepeda air listrik ini menarik banyak perhatian. Louis Wilks, kepala pemasaran Manta 5, yang memproduksi kendaraan air ini, sesumbar produknya ramah lingkungan, paling tidak bila dibandingkan dengan jet ski.

"Titik utama perbedaannya adalah sepeda ini tidak mengeluarkan emisi, tidak menimbulkan riak gelombang, Anda juga tidak perlu trailer untuk membawanya. Sangat, sangat mudah untuk dikendarai. Semuanya lebih baik. Ya, mungkin Anda tidak bisa melaju secepat jet ski, tapi kan Anda tidak memerlukan kecepatan tinggi untuk menikmati keindahan laut, danau atau sungai,” jelas Louis Wilks.

Your browser doesn’t support HTML5

Sepeda Air Listrik, Pendekatan Ramah Lingkungan

Disebut Manta 5 SL3, sepeda yang dipamerkan di Paris ini merupakan sepeda listrik generasi ke-2 perusahaan itu. Sepeda ini dilengkapi dengan motor listrik 2,5 kw dan pengatur kecepatan berbasis Bluetooth.

Sayangnya, sepeda ini tidak murah. Harganya sekitar 10.000 euro atau 11.000 dolar – atau hampir sama dengan harga sepeda listrik jalanan berteknologi canggih. Namun, sepeda ini bisa disesuaikan dengan ketinggian pengendaranya, sehingga hampir seluruh anggota dalam sebuah keluarga bisa mengendarainya bergantian.

Manta 5 sendiri berharap bisa menurunkan harganya bila sepeda itu kelak diproduksi dalam skala besar.

Stacey Kitchen mengendarai sepeda listrik hydrofoil Manta 5 di Danau Las Vegas, 10 Januari 2020. (DAVID MCNEW / AFP)

Laurent Florès, seorang profesor pemasaran di Universitas Paris-Panthéon-Assas, mencobanya di sela-sela pameran teknologi VivaTech di Paris. Ia bisa belajar mengendarai sepeda itu dalam 10 menit. Ia menyukainya dan berencana membelinya.

"Saya menggambarkannya sebagai karpet ajaib. Anda benar-benar menjadi seperti Aladdin. Alih-alih mengendarai di jalan, Anda mengendarainya di Sungai Seine,” kata Laurent Florès.

Yang tak kalah menarik, Manta 5 SL3 bisa dibongkar menjadi lima bagian sehingga bisa ditempatkan dalam posisi terbaring. Menurut situs web perusahaan itu, sepeda tersebut cocok untuk kendaraan yang kursi belakangnya bisa didatarkan atau ruang bagasi kendaraan SUV.

Manta 5 mengatakan, produknya juga tidak menimbulkan polusi suara yang biasa dihadirkan jet ski saat menjelajah permukaan air. [ab/uh]