Serangan terhadap Bus di Suriah, Sedikitnya 13 Orang Tewas

Petugas keamanan Suriah tampak memeriksa kondisi bus yang terbakar setelah ledakan terjadi di jalanan Kota Damaskus pada 20 Oktober 2021. (Foto: Kantor berita SANA)

Media pemerintah Suriah pada Senin (20/6) mengatakan sedikitnya 13 orang tewas, termasuk 11 tentara pemerintah, ketika bus yang mereka tumpangi diserang.

Kantor berita SANA yang dikelola pemerintah mengatakan serangan itu terjadi di daerah Jabal al-Bishri di provinsi Raqqa.

Kelompok militan ISIS mengklaim bertanggungjawab terhadap penyergapan itu dalam sebuah unggahan di aplikasi pesan Telegram.

BACA JUGA: ISIS Klaim Serangan di Kuil Sikh Kabul

Sebuah pernyataan Kementerian Pertahanan Suriah, yang dikutip oleh media pemerintah, mengatakan selain 13 korban tewas, tiga tentara lainnya mengalami luka-luka akibat serangan tersebut.

Laporan itu tidak merinci bagaimana serangan itu terjadi.

Provinsi Raqqa pernah dikuasai oleh ISIS, yang telah mengklaim kota utamanya Raqqa sebagai ibu kota de facto dari kekhalifahan mereka yang meliputi wilayah Suriah dan Irak. Kelompok itu berhasil dikalahkan pada tahun 2019, tetapi jaringan sel-sel tidur dari kelompok tersebut masih beroperasi di daerah itu. [lt/em]