Serangkaian Tembakan Terdengar Dekat Kedubes AS di Lebanon

Penyelidik Angkatan Darat Lebanon memeriksa lubang peluru dan mengumpulkan bukti forensik di dekat pintu masuk Kedutaan Besar AS di Aukar, pinggiran utara Beirut, Lebanon, Kamis, 21 September 2023. (AP/Hassan Ammar)

Serangkaian suara tembakan terdengar pada larut malam di dekat kedutaan besar AS di Lebanon, kata seorang juru bicara kepada AFP Kamis pagi (21/9), dan melaporkan tidak ada korban jiwa.

“Pada pukul 22.37 waktu setempat, tembakan senjata ringan dilaporkan terjadi di sekitar pintu masuk Kedutaan Besar AS,” kata juru bicara kedutaan itu, Jake Nelson.
“Tidak ada korban luka, dan fasilitas kami aman,” katanya, seraya menambahkan bahwa kedutaan telah melakukan “kontak erat” dengan penegak hukum. Kompleks kedutaan dengan keamanan sangat ketat itu terletak di Awkar, pinggiran utara Beirut.

Penyelidik Angkatan Darat Lebanon mengumpulkan bukti forensik di luar Kedutaan Besar AS di Aukar, pinggiran utara Beirut, Lebanon, Kamis, 21 September 2023.(AP/Hassan Ammar)

Misi diplomatik dan militer AS di Lebanon pernah diserang beberapa kali selama perang saudara tahun 1975-1990. Kelompok fundamentalis Islam di sana juga pernah menculik beberapa sandera AS.

Kedutaan dipindahkan ke Awkar setelah kantor misi diplomatik Amerika sebelumnya dilanda serangan bunuh diri pada bulan April 1983 yang menewaskan 63 orang.

Insiden hari Rabu ini juga bertepatan dengan peringatan serangan bom mobil mematikan tahun 1984 di luar gedung kedutaan besar AS di Beirut, yang menurut AS dilakukan oleh Hizbullah yang didukung Iran. [ab/uh]