Setelah Raib, Atlet Tenis China Peng akan ‘Segera’ Muncul di Depan Publik

Petenis China Peng Shuai bereaksi selama pertandingan putaran pertama melawan petenis Jepang Nao Hibino di kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia pada 21 Januari 2020. (Foto: AP)

Petenis China, Peng Shuai, telah tinggal di rumahnya sendiri "dengan bebas" dan akan tampil di depan umum "segera", pemimpin redaksi Global Times Hu Xijin, seorang jurnalis media pemerintah terkemuka, mengatakan pada Sabtu (20/11).

Mantan atlet ganda cabang olahraga tenis nomor satu dunia itu belum terlihat atau terdengar dari publik sejak dia mengatakan di media sosial China pada 2 November bahwa mantan Wakil Perdana Menteri Zhang Gaoli memaksanya berhubungan seks dan mereka kemudian memiliki hubungan suka sama suka.

Baik Zhang maupun pemerintah China tidak mengomentari tuduhan tersebut. Unggahan media sosial Peng segera dihapus dan topik tersebut telah diblokir dari diskusi di internet China yang penuh sensor.

"Dalam beberapa hari terakhir, dia tinggal di rumahnya sendiri dengan bebas dan dia tidak ingin diganggu. Dia akan muncul di depan umum dan berpartisipasi dalam beberapa kegiatan segera," tulis Hu.

The Global Times diterbitkan oleh People's Daily, surat kabar resmi Partai Komunis China yang berkuasa. [ah]