Setidaknya 12 Tentara Tewas dalam Serangan Terbaru di Niger 

Sejumlah tentara AS berdiri di dekat kendaraan militer yang akan dimasukan ke dalam pesawat kargo di Niamey, Niger, pada 7 Juni 2024. (Foto: AFP/Boureima Hama)

Serangkaian penyergapan dan ledakan di Niger yang dikuasai militer menewaskan sedikitnya 12 tentara dan melukai 30 lainnya baru-baru ini, kata pihak militer dalam pengumuman di televisi milik pemerintah pada hari Rabu (18/9).

Dalam serangan pertama, di wilayah Tillaberi bagian barat pada hari Minggu (15/9), “gerombolan penjahat yang datang dalam jumlah ratusan” menewaskan lima tentara dan melukai 25 lainnya, menurut pihak militer.

Respons darat dan udara menewaskan “lebih dari 100” penyerang, kata militer, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pada Senin (16/9), di wilayah Diffa barat daya yang bergolak di mana Boko Haram dan cabang kelompok Negara Islam (IS) Afrika Barat sering menyerang, lima tentara yang berpatroli tewas oleh alat peledak rakitan.

Sebuah serangan bedah balasan “menewaskan beberapa teroris” yang bertanggung jawab, kata militer.

Dalam serangan terbaru, militan dari kelompok perlawanan baru yang disebut Gerakan Patriotik untuk Kebebasan dan Keadilan (MPLJ) mengklaim sebuah operasi terhadap pos militer di wilayah Agadez di utara.

BACA JUGA: Wagner Kehilangan Kombatan Veteran dalam Penyergapan di Mali

Tentara mengatakan dua tentara tewas dan enam terluka dalam serangan hari Selasa.

MPLJ mengklaim telah menewaskan 14 tentara dan dua polisi dalam serangan itu, dan telah kehilangan dua pejuangnya sendiri.

Dibentuk pada bulan Agustus, MPLJ merupakan cabang dari kelompok bersenjata Front Pembebasan Patriotik (FPL), yang memerangi junta untuk pembebasan Presiden Mohamed Bazoum yang digulingkan.

Bazoum yang terpilih secara demokratis digulingkan dalam kudeta pada Juli 2023 dan sejak itu ditahan di istana presiden.

Sementara militer membenarkan perebutan kekuasaannya dengan alasan situasi keamanan yang memburuk, kekerasan terus berlanjut.

Menurut proyek independen Armed Conflict Location and Event Data, sekitar 1.500 warga sipil dan tentara di Niger telah tewas dalam serangan militan selama setahun terakhir, dibandingkan dengan 650 antara Juli 2022 dan 2023 ketika Bazoum berkuasa. [lt/ab]