Sumber Energi Terbarukan Portugal Campai Rekor pada 2023

Turbin angin di Setubal city bay, Portugal (foto: dok). Pembangkit Tenaga Angin menyediakan 25 persen listrik yang dikonsumsi di Portugal tahun 2023 lalu.

Portugal mencatatkan jumlah listrik tertingginya dari sumber-sumber ramah lingkungan pada 2023, dengan energi terbarukan menyumbang 61 persen penggunaan listrik, kata operator jaringan listrik nasional REN pada Selasa.

Pembangkit Tenaga Angin menyediakan 25 persen listrik yang dikonsumsi di Portugal tahun lalu, mengungguli pembangkit listrik tenaga air (23 persen), pembangkit tenaga surya (7,0 persen) dan biomassa (6,0 persen), kata REN.

Pertumbuhan tercepat terjadi pada pembangkit listrik tenaga air. Produksinya naik 70 persen, karena sektor ini bangkit kembali setelah kekeringan pada 2022.

BACA JUGA: Produksi Listrik Tenaga Surya, Bayu dan Baterai Listrik Tumbuh pada 2023 

Pembangkit tenaga surya naik 43 persen didukung oleh meningkatnya jumlah panel surya.

Meskipun permintaan listrik di Portugal tahun lalu mencapai tingkat tertinggi sejak 2018, hanya 19 persen konsumsinya dipenuhi oleh pembangkit listrik tidak terbarukan di dalam negeri.

Akibatnya, impor gas alam negara tersebut, yang sebagian besar berasal dari kapal tanker LNG dari Nigeria dan Amerika Serikat, turun 21 persen tahun lalu.

Sebanyak 20 persen konsumsi listrik Portugal tahun lalu dipenuhi dari impor, sebagian besar dari Spanyol. [ns/lt]