Tabrakan Helikopter Black Hawk Militer di Kentucky AS, 9 Tewas

  • Associated Press

ILUSTRASI - Sembilan tentara dilaporkan tewas dalam kecelakaan dua helikopter HH60 Black Hawk Angkatan Darat AS di Kentucky selama misi pelatihan, Kamis, 30 Maret 2023. (Handout / Satff Sgt.Jeffrey Beggs/DoD / AFP)

Sembilan orang tewas dalam kecelakaan yang melibatkan dua helikopter Black Hawk militer di Kentucky, kata juru bicara militer di Fort Campbell, Nondice Thurman.

Thurman mengatakan, Kamis (30/3) pagi bahwa peristiwa nahas itu terjadi Rabu malam di barat daya Kentucky dalam misi latihan rutin.

Sebuah pernyataan dari Fort Campbell mengatakan bahwa dua helikopter Black Hawk HH-60, bagian dari Divisi Lintas Udara ke-101, bertabrakan hari Rabu (29/3) sekitar pukul 10 malam waktu setempat di wilayah Trigg, Kentucky. Divisi Lintas Udara ke-101 memastikan kecelakaan itu terjadi sekitar 48 kilometer di barat daya Fort Campbell. Kecelakaan itu sedang diselidiki.

“Saat ini, kami fokus pada para tentara dan keluarga mereka yang terdampak,” tambah pernyataan itu.

Konferensi pers membahas kecelakaan helikopter yang fatal, di Fort Campbell, Kentucky, Kamis 30 Maret 2023. (AP/Sharon Johnson)

Gubernur Kentucky Andy Besehar sebelumnya mengatakan bahwa kemungkinan besar terdapat korban jiwa dalam kecelakaan itu. Ia menyatakan bahwa polisi dan petugas gawat darurat telah dikerahkan untuk menanggapi kecelakaan itu.

“Tabrakan itu terjadi di sebuah area hutan,” kata Polisi Negara Bagian Kentucky Sarah Burgess dalam konferensi pers. “Sejauh ini belum ada laporan kerusakan rumah warga.”

Fort Campbell terletak di dekat perbatasan dengan negara bagian Tennessee, sekitar 97 kilometer di barat daya Nashville, dan tabrakan itu terjadi di wilayah Trigg, Kentucky, yang menjadi rumah komunitas Cadiz.

Gubernur Kentucky Andy Beshear (tengah), hadir dalam konferensi pers untuk membahas kecelakaan helikopter di Fort Campbell, Kentucky, 30 Maret 2023.

Nick Tomaszewski, yang tinggal sekitar 1,6 kilometer dari lokasi kecelakaan, mengaku melihat dua helikopter yang terbang melintas di atas rumahnya beberapa saat sebelum kejadian.

“Semalam saya dan istri saya sedang duduk di teras belakang rumah dan bilang, ‘Wow, kedua helikopter itu tampak terbang rendah, dan mereka kelihatan berdekatan satu sama lain kali ini,’” ujarnya.

Helikopter itu melintasi mereka dan berputar kembali. Beberapa saat kemudian “kami melihat semacam kembang api yang menyala di langit.”

Lokasi jatuhnya helikopter di Trigg County, Kentucky, AS, 29 Maret 2023. (Radio WKDZ /Handout via REUTERS)

“Semua lampu di helikopter mereka padam, seakan-akan mereka tiba-tiba menghilang… lalu saya melihat kilatan cahaya besar seperti bola api,” kata Tomaszewski.

Latihan terbang dilakukan hampir setiap hari dan helikopter-helikopter itu biasanya terbang rendah tapi tidak terlalu berdekatan, katanya. “Biasanya ada dua yang terbang berurutan. Kami biasanya melihat satu, lalu melihat satunya lagi beberapa menit kemudian. Tapi semalam kami melihat keduanya terbang bersamaan,” ungkapnya.

Anggota Senat Kentucky mengheningkan cipta sejenak Kamis pagi untuk menghormati para korban.

Bulan lalu, dua pilot Garda Nasional Tennessee tewas ketika helikopter Black Hawk mereka jatuh di atas jalan bebas hambatan di Alabama ketika melakukan latihan. [rd/jm]