Taliban Tewaskan Komandan Pemberontak Minoritas Syiah Hazara

Pasukan keamanan Taliban melakukan patroli di Afghanistan (foto: ilustrasi).

Taliban Afganistan mengatakan hari Rabu (17/8) bahwa pasukan keamanan mereka membunuh seorang komandan pemberontak buronan dalam baku tembak di dekat perbatasan Iran.

Kementerian pertahanan mengidentifikasi pria yang terbunuh itu sebagai Mawlawi Mehdi, berasal dari komunitas minoritas Syiah Hazara di negara itu. Ia bergabung dengan Taliban yang berbasis Sunni sebelum mereka merebut kekuasaan tahun lalu, dari pemerintah Afghanistan yang ketika itu didukung secara internasional.

Kementerian menyebut Mehdi sebagai “pemimpin pemberontak” di Balkhab. Ia melarikan diri ke pegunungan terdekat bersama beberapa pejuangnya, setelah memberontak melawan pemerintah Taliban.

BACA JUGA: Taliban: Bom Tewaskan 8 Orang Dekat Masjid Syiah di Kabul 

Pernyataan itu mengatakan, komandan pemberontak itu dicegat dan ditembak mati di provinsi perbatasan barat Afghanistan, Herat.

“(Mehdi) berusaha melarikan diri ke Iran, ketika pasukan intelijen dan keamanan menangkapnya di daerah perbatasan antara Herat dan Iran,” tulis kementerian itu di Twitter.

Komandan etnis Hazara itu ditunjuk sebagai kepala intelijen provinsi tetangganya Bamiyan, setelah Taliban mengambil alih Afghanistan pada Agustus tahun lalu. [ps/lt]