Tentara Pasukan Khusus Korsel dan AS Gelar Latihan Gabungan

  • Associated Press

Kapal perusak AL Korea Selatan Yulgok Yi I, bawah, kapal perusak berpeluru kendali AL AS USS Benfold dan kapal perusak Pasukan Bela Diri Maritim Jepang Atago, dalam latihan pertahanan bersama di Semenanjung Korea, Senin 17 April 2023. (Foto: via AP)

Tentara pasukan khusus Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) telah menggelar latihan bersama untuk meningkatkan interoperabilitas.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan tentara Korea Selatan dan AS telah berlatih bersama sejak Senin (18/12).

Ketegangan di semenanjung Korea meningkat setelah Korea Utara, Senin (18/12), meluncurkan roket Hwasong-18.

Media pemerintah Korea Utara melaporkan pada Selasa bahwa pemimpin Kim Jong Un telah bertekad akan melakukan “tindakan yang lebih ofensif” untuk mengusir apa yang disebutnya sebagai ancaman yang dipimpin AS. Ia menyatakan itu seusai menyaksikan uji coba ketiga rudal jarak jauh tercanggih negaranya.

Pernyataan Kim menunjukkan bahwa ia yakin akan persenjataan rudalnya yang terus berkembang dan kemungkinan akan melanjutkan aktivitas pengujian senjata menjelang pemilihan presiden AS pada tahun depan. Namun banyak pengamat mengatakan Korea Utara masih perlu melakukan uji coba yang lebih signifikan untuk membuktikan bahwa negara itu memiliki rudal-rudal yang mampu menarget daratan AS. [ka/rs]