Tentara Suriah Klaim Berhasil Tembak Jatuh Rudal Israel yang Diluncurkan di Damaskus

Pasukan keamanan Suriah dan pekerja pertahanan sipil mencari korban di bawah reruntuhan bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel, di Homs, Suriah, Selasa, 6 Februari 2024. (Foto: SANA via AP)

Tentara Suriah mengatakan pertahanan udaranya berhasil menembak jatuh rudal Israel yang diluncurkan di pedesaan Damaskus pada Sabtu (10/2) dini hari. Rudal tersebut merupakan dalam serangan kedua dalam waktu kurang dari sehari.

Tentara Suriah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan udara tersebut dilakukan dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki, menyebabkan “sejumlah kerugian material”.

Pada Jumat (9/2), Suriah mengatakan pertahanan udaranya juga menembak jatuh dua drone di pinggiran barat Damaskus dalam serangan yang juga berasal dari Dataran Tinggi Golan. Namun, mereka menahan diri untuk tidak secara eksplisit menyatakan insiden tersebut merupakan tanggung jawab Israel.

Militer Israel mengatakan mereka tidak mengomentari laporan di media asing.

Sejak Desember, serangan Israel telah menewaskan lebih dari setengah lusin Garda Revolusi Iran, termasuk seorang jenderal intelijen terkemuka. [ah/ft]