23 Tertembak, 1 Tewas dalam Insiden Penembakan di Lapangan Parkir di Chicago

  • Associated Press

Tim investigasi kepolisian berada di lokasi kejadian penembakan di area lapangan parkir di sebuah mal di Willowbrook, Illinois, pada 18 Juni 2023. (Foto: AP/Matt Marton)

Setidaknya 23 orang mengalami luka tembak, dan satu orang di antaranya tewas, dalam insiden penembakan dalam acara perayaan Juneteenth yang dihadiri ratusan orang di sebuah lapangan parkir di Chicago pada Minggu (18/6), lapor otoritas setempat.

Sejumlah video berita yang tayang di televisi menunjukkan area dari sebual mal di Willowbrook dipenuhi oleh puing-puing dan garis polisi. Mal tersebut berjarak sekitar 32,1 kilometer di sebelah barat daya Chicago.

Kantor Kepolisian Daerah DuPage County menggambarkan insiden tersebut sebagai "perayaan damai" untuk merayakan Juneteenth yang tiba-tiba berubah menjadi kekerasan saat sejumlah orang melesakkan tembakkan ke arah kerumunan warga yang tengah berkumpul.

"Kami melaporkan bahwa 22 orang terluka dan satu orang tewas terkena tembakan. Sejumlah korban lainnya juga mengalami luka-luka ketika berusaha melarikan diri dari tempat kejadian," ujar pihak kepolisian dalam pernyataan. Pihak otoritas tidak menyebutkan bagaimana kondisi dari para korban yang mengalami luka-luka.

BACA JUGA: Penembak Massal Sinagoge di Pittsburgh Divonis Bersalah atas Pembunuhan 11 Korban

Motif penyerangan belum diketahui hingga saat ini, belum ada pihak yang ditahan oleh kepolisian hingga Minggu siang. Juru bicara kepolisian DuPage County Robert Caroll mengatakan pihak berwenang tengah mewawancari "terduga pelaku" dalam insiden tersebut, lapor Daily Herald.

Sejumlah polisi sebelumnya berada di area lapangan parkir mal tersebut untuk mengawasi acara perayaan itu, namun akhirnya pergi meninggalkan lokasi setelah menerima laporan tentang adanya perkelahian di lokasi yang berbeda, ujar pihak kepolisian. "Mereka mendengar suara tembakan lalu bergegas untuk kembali ke lokasi kejadian," tambah pihak kepolisian.

"Kami telah memindahkan sejumlah korban dari lokasi kejadian. Sementara yang lainnya telah bergerak menuju rumah sakit setempat," ujar Eric Swanson, wakil kepala kepolisian DuPage County. [my/rs]