9 Tewas, Puluhan Luka Akibat Kebakaran Tambang Batu Bara di Rusia

  • Associated Press

Pakar ikut serta dalam operasi penyelamatan menyusul kebakaran di tambang batu bara Listvyazhnaya di wilayah Kemerovo, Rusia, 25 November 2021. (Foto: REUTERS/Alexander Patrin)

Kebakaran di sebuah tambang batu bara di Siberia, Rusia, menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai 44 lainnya, Kamis (25/11). Pihak berwenang mengatakan, puluhan penambang saat ini masih terperangkap di tambang itu.

Kebakaran tersebut terjadi di wilayah Kemerovo di Siberia barat daya. Mengutip seorang pejabat penanggulangan keadaan darurat yang tidak disebutkan namanya, kantor berita pemerintah Rusia Tass melaporkan, debu batu bara di tambang itu tersulut api sehingga menciptakan asap. Asap kemudian dengan cepat menyebar dan memenuhi ruang udara tambang tersebut melalui sistem ventilasi.

Sebanyak 285 orang berada di dalam tambang itu pada saat kejadian. Dari jumlah itu, 237 di antaranya telah dievakuasi. Upaya penyelamatan terhadap sisanya masih berlangsung, tetapi terkendala asap.

Komite Investigasi Rusia telah meluncurkan penyelidikan kriminal atas insiden kebakaran itu. Mereka menduga ada pelanggaran peraturan keselamatan yang menyebabkan kematian. [ab/uh]