Thailand Laporkan Kasus Omicron Lokal, Pertimbangkan Karantina

Seorang petugas kesehatan memberikan satu dosis vaksin Sinovac COVID-19 kepada seorang perempuan di Bangkok, Thailand, Senin, 31 Mei 2021. (Foto: AP/Sakchai Lalit)

Thailand sedang mempertimbangkan untuk menerapkan kembali karantina wajib bagi turis asing karena khawatir akan penyebaran varian omicron, sementara Kementerian Kesehatan melaporkan pada Senin (20/12) kasus pertama penularan lokal varian virus corona itu.

Kasus penularan lokal pertama ditemukan pada seorang wanita Thailand yang dites positif omicron setelah tertular virus itu dari suaminya, warga Kolombia yang kembali ke Thailand dari Nigeria pada akhir November, kata seorang pejabat kementerian kesehatan dalam pengarahan harian. Ia menambahkan bahwa pasangan suami istri itu telah divaksinasi lengkap.

Kementerian kesehatan masyarakat akan mengusulkan dihapusnya pengecualian karantina bagi turis yang sudah divaksinasi dan kembali ke program karantina di hotel dan lokasi tertentu, yang memungkinkan pergerakan bebas, kata menteri Anutin Charnvirakul.

Pernyataan menteri itu datang setelah Thailand dibuka kembali untuk turis asing pada November, mengakhiri hampir 18 bulan kebijakan masuk yang ketat yang turut menyebabkan runtuhnya pariwisata, industri utama dan pendorong ekonomi yang menarik 40 juta pengunjung pada 2019. [ka/uh]