“The Room Next Door” Curi Perhatian di Festival Film New York

  • Associated Press

Sutradara Pedro Almodovar memegang Penghargaan Golden Lion untuk Film Terbaik atas film "The Room Next Door", selama Festival Film Venesia ke-81, Italia, 7 September 2024. (Foto: REUTERS/Louisa Gouliamaki)

Setelah meraih Golden Lion di Festival Film Venice pekan lalu, “The Room Next Door” minggu ini mencuri perhatian publik di Festival Film New York.

Film berbahasa Inggris pertama Pedro Almodóvar, “The Room Next Door” tayang perdana sebagai film utama di Festival Film New York pada Jumat (4/10) dan langsung mencuri perhatian publik. Sebelumnya film yang dibintangi Julianne Moore dan Tilda Swinton ini sukses meraih Golden Lion di Festival Film Venice minggu lalu.

Berbicara pada wartawan di sela-sela pemutaran perdana film itu di New York, sang sutradara dan sekaligus penulis “The Room Next Door,” Pedro Almodóvar mengatakan, “Saya memang membuatnya sedikit menakutkan di bagian awal, tapi itu bukan tanpa alasan. Saya terbiasa membuat film pendek berbahasa Inggris dan sudah mengenal Tilda sejak lama, jadi kami memiliki semacam kecocokan. Jadi sangat mudah bekerjasama dan memahami Tilda, juga dengan Julianne. Kami sama sekali tidak menemui masalah berarti selama pembuatan film ini.”

Aktris papan atas Hollywood yang sudah beberapa kali memenangkan Oscar, Julianne Moore, mengatakan merasa sangat terhormat mendapat kesempatan bermain di film ini.

Julianne Moore, kanan, dan Tilda Swinton dalam sebuah adegan dari "The Room Next Door." (Sony Pictures Classics via AP)

“Merupakan suatu kehormatan besar buat saya… karena saya telah menjadi penggemar dan pengagum Pedrom sejak lama, dan juga karya-karya filmnya. Saya tidak pernah membayangkan dapat benar-benar berkesempatan bekerjasama dengannya, di dunianya," katanya.

"Ia memiliki keyakinan yang sangat luar biasa pada kemanusiaan, bagaimana menjadi manusia sesungguhnya, menyadari kesalahan kita dan mengatasinya dengan belas kasih dan rasa hormat. Ketika baru syuting pertama kali, sinematografer kami – Eduard Grau – mengatkaan kita semua berada di sini karena cara Pedro melihat dunia. Kami semua berada di sana untuk menikmati sudut pandangnya. Dan itu adalah proposisi yang mendebarkan," imbuh Moore.

Hal senada disampaikan Tilda Swinton, “Ada semacam mitos aneh bahwa hanya orang yang tidak beruntung yang bisa mati. Dan hanya orang-orang yang sangat tidak beruntung yang membuat orang yang mereka cintai meninggal. Dan saya pikir untuk mendorong orang-orang bersikap jujur tentang hal ini, film ini akan membantu mereka. Sejauh in tanggapannya sangat luar biasa.”

“The Room Next Door” diangkat dari novel karya Sigrid Nunez berjudul “What Are You Going Through.” Julianne Moore dan Tilda Swinton berperan sebagai sahabat lama yang sudah lama tidak bertemu dan bertemu kembali saat salah satu dari mereka mengidap kanker.

Film ini akan diputar di Festival Film New York, yang berlangsung hingga tanggal 14 Oktober mendatang. [em/jm]