Tiga Anggota Hizbullah Tewas di Lebanon

Asap tampak mengepul dari wilayah desa Tayr Harfa, di selatan Lebanon dekat perbatasan Israel pada 15 Desember 2023. (Foto: AFP)

Kelompok militan Hizbullah di Lebanon, yang didukung Iran, pada Senin (1/1) menulis di akun Telegram mereka bahwa tiga pejuangnya tewas terbunuh di bagian selatan Lebanon.

Pernyataan itu tidak merinci tentang penyebab kematian ketiganya, tetapi mengatakan mereka “menjadi martir dalam upaya membebaskan Yerusalem.”

Sumber-sumber keamanan mengatakan mereka tewas ketika Israel menyerang dua rumah di Desa Kafr Kila di dekat perbatasan Lebanon yang dikuasai Hizbullah.

BACA JUGA: Hizbullah Peringatkan Israel Pihaknya Siap Tingkatkan Kekuatan

Hizbullah, yang merupakan sekutu kelompok militan Palestina Hamas, telah terlibat dalam aksi baku tembak setiap hari dengan pasukan Israel di perbatasan selatan kedua negara sejak pecahnya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober lalu.

Militer Israel pada hari Senin mengatakan telah menyerang sejumlah sasaran di Lebanon, termasuk “lokasi-lokasi militer” di mana Hizbullah beroperasi.

Menurut Hizbullah dan sumber-sumber keamanan, serangan dan penembakan yang dilakukan Israel telah menewaskan lebih dari 100 pejuang Hizbullah dan hampir 20 warga sipil, termasuk anak-anak, warga lansia dan beberapa wartawan. [em/jm]