Tim Scott Mundur dari Kandidat Capres Partai Republik AS

Senator AS dan calon Presiden Partai Republik tahun 2024 Tim Scott berbicara di Makan Malam Lincoln 2023 Partai Republik Iowa di Iowa Events Center di Des Moines, Iowa, pada 28 Juli 2023. (Foto: AFP)

Senator Partai Republik Tim Scott menangguhkan pencalonannya untuk nominasi pemilihan presiden 2024 dari Partai Republik pada Minggu. Menghabiskan uang kampanye selama berbulan-bulan tampaknya tidak membantunya memperoleh pengaruh yang cukup signifikan dalam jajak-jajak pendapat nasional.

Scott membuat pengumuman itu ketika diwawancara di TV Fox News. Ia adalah satu-satunya anggota Partai Republik kulit hitam di Senat dan mulai berkampanye pada Mei. Ia menggambarkan diri sebagai kandidat yang sangat konservatif dan lebih mampu menyembuhkan perpecahan politik dibandingkan kandidat terdepan Partai Republik Donald Trump dan Gubernur Florida Ron DeSantis.

BACA JUGA: Bacapres Partai Republik AS Beri Pandangan Kebijakan Luar Negeri pada Debat Ketiga

Penduduk asli South Carolina ini sudah dinilai sebagai orang yang kemungkinan tidak berhasil. Tetapi ia mampu menggalang dukungan dari donor-donor besar sehingga memasuki ajang pencalonan dengan semangat besar.

Namun kemampuannya untuk menonjol dalam debat calon presiden dari partai tersebut terbukti lemah. Dia langsung tertinggal dalam sebagian besar jajak pendapat tingkat negara bagian dan nasional. Keuangannya juga mulai memburuk dalam beberapa bulan terakhir.

Mundurnya Scott mungkin memberi dorongan bagi kandidat lain seperti mantan duta besar PBB Nikki Haley, yang mencoba menyingkirkan mantan Presiden Trump. Sejauh ini Trump secara konsisten memimpin jajak pendapat dengan selisih yang besar. [ka/ab]