Tiongkok Hentikan Perundingan Tingkat Menteri dengan Jepang

Unjuk rasa anti-Jepang di depan Kedutaan Besar Jepang di Beijing atas sengketa antara Tiongkok dan Jepang, 18 September 2010.

Ini dilakukan sebagai balasan atas ditahannya kapten kapal ikan Tiongkok yang dituduh menabrak dua kapal patroli Jepang.

Tiongkok telah menghentikan perundingan tingkat menteri dengan Jepang sebagai pembalasan atas ditahannya kapten kapal ikan Tiongkok yang dituduh menabrak dua kapal patroli Jepang di perairan yang dipersengketakan.

Tiongkok juga mengumumkan telah menangguhkan perundingan hubungan udara dengan Jepang. Kemarin, kira-kira 100 orang Tionghoa berdemonstrasi dekat kedutaan Jepang di Beijing, menuntut dibebaskannya kapten kapal ikan Tiongkok itu.

Pasukan penjaga pantai Jepang menangkap kapten itu setelah kapal mereka bertabrakan di Laut Cina Timur seminggu yang lalu, dekat pulau-pulau yang diklaim oleh kedua negara.

Pemerintah Tiongkok telah lima kali memanggil duta besar Jepang di Beijing dalam satu minggu ini dan membatalkan perundingan tentang eksplorasi energi bersama di laut Cina Timur.