Topan Khanun Padamkan Listrik Ratusan Ribu Rumah di Okinawa

Sebuah pohon tumbang akibat angin kencang yang dipicu oleh Topan Khanun di kota Naha, prefektur Okinawa, 2 Agustus 2023. (JIJI Press / AFP)

Angin kencang menghantam jaringan kabel listrik di tujuan wisata populer Jepang, Okinawa, memadamkan listrik ke lebih dari 200 ribu rumah pada Rabu pagi, sewaktu topan Khanun yang kuat dan bergerak lambat mendekat pulau-pulau di bagian barat daya negara itu.

Sejauh ini telah ada laporan satu kematian dan sebelas orang terluka, menurut Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran.

Hampir 700 ribu orang di prefektur di daerah tujuan wisata populer di ujung barat daya ibu kota Jepang itu disarankan untuk mengungsi.

Puing-puing berserakan di jalanan pusat kota Naha, prefektur Okinawa, saat angin kencang yang dipicu oleh Topan Khanun menghantam kota itu, 2 Agustus 2023. (JIJI Press / AFP)

Topan itu menerjang pada puncak kunjungan wisata musim panas, yang pada tahun ini mencatat jumlah kunjungan kembali tingkat sebelum pandemi. Okinawa kerap dilanda topan, tetapi biasanya terjadi pada akhir tahun.

Topan Khanun terjadi hanya beberapa hari setelah wilaya itu dilanda topan Doksuri, yang menerjang China Utara sebagai salah satu topan terburuk dalam satu dekade lebih dan merusak produksi beras di Filipina. [uh/ab]