Trump akan Umumkan ‘Pernyataan Penting’ Mengenai Perdagangan

Presiden Donald Trump tersenyum bersama pemimpin lain, termasuk Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull melakukan jabat tangan khas ASEAN pada KTT ASEAN di Manila, Filipina, 13 November 2017.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan akan menyampaikan “pernyataan penting” mengenai perdagangan ketika dia kembali ke Washington setelah perjalanan kelima negara Asia selama 12 hari.

Berbicara di sela-sela pertemuan puncak ASEAN di Filipina, Senin (13/11), Trump mengatakan “Kita telah meraih banyak kemajuan mengenai perdagangan.” Dia menambahkan bahwa lawatannya ke Asia telah menghasilkan 300 miliar dolar “penjualan kepada berbagai perusahaan, termasuk perusahaan China.”

Namun dia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang isu perdagangan yang akan diumumkannya.

Trump menyampaikan komentar itu dalam pertemuan tiga pihak di sela-sela KTT ASEAN dengan pemimpin Jepang dan Australia. Dia mengatakan ketiga negara membahas tentang perdagangan, Korea Utara dan isu-isu lainnya. [vm]