Trump: AS Tidak Tertarik dengan Perubahan Rezim di Iran 

Presiden AS Donald Trump di Biarritz, Perancis, 25 Agustus 2019. (Foto: dok).

Kunjungan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif ke kota Perancis yang menjadi tuan rumah KTT G-7 atau kelompok tujuh negara maju di dunia, bukanlah kejutan bagi Presiden Donald Trump, kata pemimpin Amerika itu, Senin (26/8).

Trump mengatakan kepada para wartawan di Biarritz ketika ia memulai pertemuan dengan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sissi.

Trump mengatakan bahwa dia telah berhubungan dengan Macron. “Saya tahu semua yang dilakukannya dan menyetujui apa pun yang dilakukannya,” ujar Trump.

Iran dan Amerika Serikat telah berada dalam kondisi hubungan yang tegang sejak Trump menarik mundur Amerika dari perjanjian internasional yang mengekang program nuklir Iran dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi. Trump kemudian menambahkan lebih banyak sanksi, terutama yang menarget sektor minyak utama Iran, yang telah sangat merugikan perekonomian negara itu.

Trump mengatakan hari Senin bahwa dia tidak tertarik dengan “perubahan rezim” di Iran, tetapi ingin agar negara itu “menghentikan terorisme.” [lt/ab]