Trump Bertemu Wakil PM China

Presiden Donald Trump bertemu Wakil Perdana Menteri China Liu He di Gedung Putih, 17 Mei 2018.

Presiden AS Donald Trump melakukan perundingan perdagangan yang sengit dengan China, Kamis (17/5) setelah Gedung Putih membenarkan pertemuan antara Presiden AS dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He.

Negara-negara berpengaruh di dunia sedang ambil bagian dalam perundingan perdagangan tingkat tinggi putaran kedua yang dimulai Kamis. Pertemuan pertama diadakan di Beijing dua pekan lalu.

Berbicara kepada para wartawan sebelum pertemuan dengan Liu, Trump berulang kali mengutarakan ketidaksukaannya terhadap perjanjian sebelumnya antara Washington dan Beijing.

“AS telah dicurangi selama bertahun-tahun oleh perjanjian perdagangan yang buruk. Saya tidak menyalahkan China. Saya menyalahkan kepemimpinan AS di masa lampau,” kata Trump kepada wartawan sebelum pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Perundingan itu bertujuan untuk “menyeimbangkan kembali hubungan ekonomi bilateral AS-China,” menurut Gedung Putih. Dan juga bertujuan untuk menghindari perang dagang besar-besaran setelah kedua negara itu saling mengancam pemberlakuan bea impor pada Maret. [vm/al]