Trump Berupaya Perkokoh Cengkeraman Nominasi di 'Super Tuesday'

Seorang pemilih mengisi surat suara di tempat pemungutan suara di Attleboro, Massachusetts, Selasa, 5 Maret 2024. Massachusetts, adalah salah satu dari 15 negara bagian dan satu teritori yang mengadakan pemilihan pendahuluan pada Super Tuesday. (AP/Steven Senne)

Donald Trump berupaya memperkuat cengkeramannya pada nominasi presiden dari Partai Republik, Selasa (5/3) ketika pemungutan suara dilangsungkan pada salah satu hari terpenting dalam kalender pemilu AS.

"Super Tuesday" - Hari pemungutan suara terbesar dalam siklus pemilihan pendahuluan, dengan kontes di 15 negara bagian dan satu teritori, secara historis merupakan momen menentukan dalam perebutan nominasi presiden.

Namun ketegangan yang terjadi pada pemilu tahun lalu sebagian besar tidak akan terjadi lagi kali ini, dengan Trump diperkirakan akan terus menyapu bersih perolehan suara di negara-negara bagian utama Partai Republik, sehingga menutup pintu bagi satu-satunya penantangnya yang tersisa, Nikki Haley.

"Kita seperti dalam sebuah roket, kita telah meluncur seperti roket, menuju nominasi Partai Republik," kata Trump kepada para pendukungnya pada rapat umum akhir pekan di Richmond, Virginia, sambil menggembar-gemborkan kemenangannya di Iowa, New Hampshire, Nevada dan South Carolina.

FILE - Kandidat presiden dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, dalam kampanye di Greensboro, N.C, , 2 Maret 2024. (AP/Chris Carlson, File)

Namun dia menjelaskan bahwa dia sudah tidak lagi menghiraukan pemilihan pendahuluan, dan lebih terfokus pada pemilihan presiden musim gugur mendatang. Dia mengatakan kepada para pendukungnya: "Hari terbesar dalam sejarah negara kita adalah tanggal 5 November."

Presiden Joe Biden, yang tertinggal dari Trump dalam sebagian besar jajak pendapat di negara-negara bagian yang belum menentukan pilihannya untuk pemilihan umum, juga mengikuti pemilihan pendahuluan di pihak Demokrat, namun kemenangannya dianggap hanya sekedar formalitas.

Haley kalah dari Trump dalam pemilihan-pemilihan pendahuluan yang diselenggarakan lebih awal di sejumlah negara bagian dengan selisih yang besar, namun ia berjanji untuk tetap mencalonkan diri sebagai presiden setidaknya sampai para pemilih Super Tuesday memberikan suara mereka.

Daftar negara-negara bagian yang diperebutkan termasuk California dan Texas, yang memungkinkan calon presiden mendapatkan 70 persen delegasi yang mereka perlukan untuk menjadi calon presiden.

Seorang perempuan memasukkan surat suaranya ke dalam kotak suara di wilayah Panitera Los Angeles, Norwalk, California, 4 Maret 2024, menjelang pemilihan "Super Tuesday", 5 Maret. (Frederic J. BROWN / AFP)

Trump tidak bisa secara matematis mengakhiri pemilihan pendahuluan pada Selasa malam, namun diperkirakan akan dilantik paling lambat tanggal 19 Maret, menurut tim kampanyenya.

Partai Republik Pasca-Trump

Haley, 52 tahun, telah membuat argumen elektabilitas bahwa masyarakat telah menolak Trumpisme di hampir setiap pemungutan suara sejak tahun 2016 dan akan melakukannya lagi pada bulan November.

Dia juga memperingatkan “kekacauan” yang terjadi pada seorang kandidat yang dalam beberapa bulan terakhir telah dicap sebagai pemberontak oleh seorang hakim federal dan dinyatakan bertanggung jawab atas pelecehan seksual dan penipuan bisnis yang bernilai ratusan juta dolar.

Trump, yang menyangkal semua kesalahannya, juga menghadapi ancaman hukuman penjara atas berbagai tuduhan kejahatan federal dan negara bagian, sebagian besar karena diduga mencoba mengakali atau “mencuri” pemilu tahun 2016 dan 2020.

BACA JUGA: Mahkamah Agung AS: Trump Tetap Terdaftar dalam Surat Suara di Colorado

Trump, 77 tahun, telah menghabiskan sembilan hari di pengadilan pada tahun ini saja, dan mengeluh bahwa proses penuntutannya menghalangi dia untuk ikut berkampanye, meskipun banyak dari kehadirannya bersifat sukarela, dan digunakan kemudian sebagai bagian dari upaya penggalangan dana.

Saat ia menyampaikan tuntutannya untuk dipilih kembali dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Selasa di klub pantainya di Florida selatan, para pengacara Trump akan mempersiapkan argumen mereka sendiri untuk persidangannya di New York pada tanggal 25 Maret atas dugaan pelanggaran dana kampanye tahun 2016.

Sementara itu, mantan presiden tersebut merayakan keputusan Mahkamah Agung baru-baru ini yang menunda persidangan konspirasi pemilu federal tahun 2020 di Washington – mungkin sampai setelah November – dan mempertahankan partisipasinya dalam pemungutan suara di tiga negara bagian yang berusaha mendiskiskualifikasi dirinya dalam pemilihan pendahuluan.

Haley mengatakan kepada NBC pada hari Minggu bahwa dia tidak lagi merasa terikat dengan janji Partai Republik untuk memilih Trump jika dia adalah calon presiden – yang memicu spekulasi mengenai potensi pencalonan pihak ketiga. [ab/ns]