Trump dan Harris Peringati Satu Tahun Serangan Hamas terhadap Israel

  • Associated Press

Wakil Presiden AS Kamala Harris dan suaminya Doug Emhoff menanam buah delima dalam peringatan satu tahun serangan Hamas ke wilayah Israel yang digelar di Naval Observatory di Washington, DC, pada 7 Oktober 2024. (Foto: AFP/Ting Shen)

Mantan Presiden Donald Trump dan Wakil Presiden Kamala Harris memperingati satu tahun serangan paling mematikan terhadap orang Yahudi setelah peristiwa Holocaust di saat kampanye kepresidenan keduanya mendekati minggu-minggu terakhir seiring dengan meluasnya konflik di Timur Tengah.

Para pemimpin politik dari berbagai kalangan memperingati pembunuhan sekitar 1.200 orang, termasuk 46 warga AS, oleh militan Hamas dalam serangan 7 Oktober tahun lalu di mana kelompok tersebut juga menyandera sekitar 250 orang. Satu tahun kemudian, sekitar 100 orang, termasuk beberapa warga Amerika Serikat, masih disandera, sementara upaya yang dipimpin AS untuk merundingkan gencatan senjata dan kesepakatan pembebasan sandera masih menemui jalan buntu.

Trump mengunjungi makam Rabbi Menachem Mendel Schneerson di Kota New York. Rabbi itu memimpin gerakan Yudaisme Ortodoks Chabad-Lubavitch dari tahun 1951 hingga meninggalnya pada tahun 1994. Schneerson adalah pemimpin ketujuh gerakan Yudaisme, yang dikenal sebagai Lubavitcher Rebbe. Trump berbicara di depan para pemimpin komunitas Yahudi di salah satu resor miliknya di Florida, di Doral, pinggiran Miami.

BACA JUGA: Pengungsi Palestina: Tak Ada Tempat Lagi untuk Kami Tuju

Sementara itu, Harris bersama suaminya menanam pohon delima di halaman kediaman wakil presiden untuk menghormati mereka yang terbunuh pada 7 Oktober.

Sebelumnya pada Senin (7/10) pagi, suami Harris, Doug Emhoff, yang juga seorang pemeluk Yahudi, membacakan doa untuk perdamaian di sebuah acara peringatan yang diselenggarakan oleh Komite Yahudi Amerika Serikat di Washington.

Presiden Joe Biden dan ibu negara Jill Biden juga mengadakan upacara peringatan yang muram di Gedung Putih pada Senin untuk memperingati satu tahun serangan itu.

Presiden kemudian menyalakan satu-satunya lilin peringatan yang diletakkan di atas meja kecil di tengah Blue Room, salah satu ruangan di Gedung Putih sebelum mereka mengheningkan cipta.

Sebelum acara tersebut, Gedung Putih melaporkan bahwa Biden melangsungkan pembicaraan dengan Presiden Israel Isaac Herzog. [ps/uh]