Trump Kembali Berkampanye Usai Percobaan Pembunuhan Kedua

Mantan Presiden AS dan capres dari Partai Republik, Donald Trump, tiba untuk acara diskusi di Dort Financial Center in Flint, Michigan, Selasa, 17 September 2024. (Foto: Jeff Kowalsky/AFP)

Donald Trump menghadiri acara yang diselenggarakan oleh situs berita Politico di Michigan.

Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Selasa (17/9) kembali berkampanye untuk pertama kalinya sejak upaya pembunuhan pada Minggu (15/9). Sementara itu, para penyelidik masih bekerja untuk mencari tahu lebih banyak tentang tersangka yang ditahan.

Selain mengadakan acara diskusi, Trump mengatakan kepada Fox News bahwa dia diberitahu bahwa Dinas Rahasia atau Secret Service akan meningkatkan upaya pengamanannya.

The New York Times, Selasa (17/9) juga melaporkan bahwa Ronald Rowe, penjabat Direktur Dinas Rahasia, bertemu dengan Trump, Senin (16/9) dan mengatakan kepada calon presiden dari Partai Republik itu bahwa pengaturan keamanan baru yang signifikan perlu dilakukan jika Trump ingin terus bermain golf.

Ryan Wesley Routh, tersangka yang ditangkap setelah melarikan diri dari lapangan golf Trump di West Palm Beach, Florida, menjalani persidangan di pengadilan pada Senin. Dia didakwa dengan kepemilikan senjata api sebagai terpidana dan kepemilikan senjata api dengan nomor seri yang dihapus.

BACA JUGA: Penyidik Dalami Motif Tersangka Percobaan Pembunuhan Trump 

Alejandro Mayorkas, Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, mengawasi Dinas Rahasia, memuji pengaturan perlindungan Trump pada Selasa dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh situs berita Politico. “Mereka patut dipuji,” kata Mayorkas.

Mayorkas menambahkan bahwa agen Dinas Rahasia menyingkirkan ancaman tersebut dengan cepat, begitu ancaman tersebut diketahui. Dia mengatakan kementeriannya telah memperluas perlindungan terhadap mantan presiden tersebut.

Mayorkas mengatakan Trump menerima “keamanan yang sepadan dengan fakta bahwa dia adalah mantan presiden dan sedang berkampanye.”

Trump memuji upaya petugas keamanan untuk melindunginya. Namun dalam komentarnya kepada Fox News Digital pada Senin, tampaknya dia menyalahkan Presiden Joe Biden dan lawannya dari Partai Demokrat, Wakil Presiden Kamala Harris, atas insiden tersebut.

Foto yang dirilis oleh Hédi Aouidj menunjukkan Ryan Routh, tersangka upaya pembunuhan capres dari Partai Republik, Donald Trump, di Maidan, Ukraina, 10 April 2024. (Foto: Hédi Aouid via AP)

“Retorika mereka menyebabkan saya ditembak, padahal sayalah yang akan menyelamatkan negara, dan merekalah yang menghancurkan negara ini – baik dari dalam maupun luar,” kata Trump.

Baik Biden maupun Harris menyesalkan kemungkinan upaya pembunuhan terhadap Trump, yang merupakan upaya pembunuhan kedua dalam dua bulan setelah telinga kanan Trump terserempet peluru akibat penembakan pada kampanye di Pennsylvania pada Juli.

Baik Biden maupun Harris menelepon Trump, Selasa (17/9) untuk menyampaikan kepada Trump bahwa mereka bersyukur dia selamat setelah insiden di Florida. [ft/es]

Jeff Seldin dari VOA berkontribusi pada laporan ini. Beberapa materi dalam laporan ini berasal dari The Associated Press dan Reuters.