Trump Komentari Perdagangan dengan Xi dan Kanada

Anggota delegasi perdagangan AS, Robert Lighthizer dan Steven Mnuchin tiba di sebuah hotel di Beijing, China, 28 Maret 2019 (foto: Reuters/Jason Lee)

Presiden Donald Trump mengatakan AS "melawan pelanggaran perdagangan kronis China," ketika Amerika bersiap-siap untuk melanjutkan perundingan pada hari Rabu untuk mengakhiri perang dagang yang sudah berlangsung lama antara kedua negara.

Trump berkomentar demikian Selasa, pada jamuan makan malam untuk Komite Kongres Nasional Partai Republik, kelompok penggalang dana untuk para kandidat DPR dari Partai Republik.

Dalam pidatonya, Trump mengatakan menyebut Presiden China Xi Jinping "raja" dan mengatakan kepadanya bagaimana China "merugikan" AS. Xi menurut Trump tampak marah dengan pernyataan merugikan Amerika. "Lalu saya menyelamatkan suasana, saya mengatakan tidak menyalahkannya. Saya menyalahkan para pemimpin Amerika karena membiarkan hal itu terjadi'. Dan memang benar demikian," lanjut Trump.

China dan AS akan bertemu untuk yang kesembilan kalinya sementara para analis menyatakan optimis dua ekonomi terbesar di dunia ini mungkin mendekati kesepakatan.

Trump hari Selasa malam juga berbicara mengenai hubungan perdagangan Amerika dengan Kanada dan mengatakan Kanada sangat tangguh serta mengalahkan Amerika dalam perdagangan. [my]