Uhuru Kenyatta Resmi Dilantik Sebagai Presiden Kenya

Presiden terpilih Kenya Uhuru Kenyatta didampingi istrinya, Margaret Uhuru (kanan), memegang kitab suci dengan tangan kanannya saat pengambilan sumpah sebagai Presiden Kenya ke-4 di Kompleks Olahraga Internasional Moi di Nairobi, Kenya (9/4).

Ribuan warga bersorak dan melambaikan bendera di ibukota, Nairobi. saat menyaksikan upacara pelantikan Uhuru Kenyatta sebagai presiden Kenya.
Peristiwa pelantikan Presiden Uhuru Kenyatta merupakan puncak dari pemilihan damai Kenya bulan Maret, dimana Kenyatta mengalahkan Perdana Menteri Raila Odinga yang akan segera meletakkan jabatan.

Presiden baru itu telah berjanji akan bekerja untuk memperbaiki kehidupan bagi seluruh rakyat Kenya.

Upacara pelantikan tersebut juga dihadiri oleh para kepala negara Afrika lainnya. Beberapa negara Barat mengirimkan duta besar sementara mereka membatasi kontak dengan pemerintah baru tersebut karena tuduhan Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC).

Dalam sambutannya di acara pelantikan Presiden Uhuru Kenyatta, Presiden Uganda Yoweri Museveni mengucapkan selamat kepada rakyat Kenya karena memilih Kenyatta dan mengabaikan apa yang disebutnya fitnah dari ICC.

Kenyatta tengah menghadapi tuduhan kejahatan terhadap kemanusian karena diduga membantu mengatur kekerasan etnis pasca pemilihan tahun 2007 yang menewaskan lebih dari 1.100 orang dan menelantarkan 600.000 orang lainnya. Peradilannya akan dimulai bulan Juli.

Wakil Kenyatta, William Ruto, akan diadili di ICC bulan depan sehubungan dengan kekerasan tersebut. Kedua lelaki itu telah membantah tuduhan-tuduhan tersebut.