Ukraina Tembak Jatuh Drone dalam Serangan Terbaru Rusia

Prajurit Ukraina menggunakan lampu sorot saat mereka mencari drone di langit di atas kota selama serangan drone Rusia, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Kyiv, Ukraina 1 Januari 2023.

Rusia menyerang Ukraina semalam, dalam apa yang disebut para pejabat Ukraina pada hari Senin sebagai gelombang drone. Target serangan itu antara lain adalah ibu kota, Kyiv.

Para pejabat kota itu mengatakan pertahanan udara Ukraina berhasil melindungi sebagian besar Kyiv, dengan sejumlah kerusakan terjadi akibat pecahan drone yang ditembak jatuh.

Wali kota Kyiv Vitali Klitschko hari Senin mengatakan bahwa Rusia mengirimkan sekitar 40 drone ke arah kawasan Kyiv dan seluruhnya berhasil dihancurkan.

Rusia telah menggunakan drone Shahed buatan Iran untuk melancarkan serangan terhadap kota-kota dan berbagai fasilitas infrastruktur Ukraina.

Serangan terbaru ini berlangsung setelah gelombang serangan malam sebelumnya. Menurut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, dalam serangan sebelumnya 45 drone Shahed berhasil ditembak jatuh pasukannya.

“Teroris Rusia menyedihkan sekali. Mereka memasuki tahun ini dengan keadaan yang sama,” kata Zelenskyy dalam pidato hariannya, Minggu malam. [uh/ab]