Tahun 2017, Upah Minimum Naik Di 19 Negara Bagian AS

Polisi bersiap menahan demonstran yang menyerukan upah minimum US$15 per jam dalam demonstrasi di Los Angeles, California (29/11). (Reuters/Lucy Nicholson)

Meskipun tahun 2016 membuat Kongres nyaris tidak berfungsi, serentetan undang-undang baru telah disahkan dan akan berlaku tahun depan.

Sembilan belas negara bagian, termasuk New York dan California, akan memasuki tahun 2017 dengan kenaikan upah minimum.

Kenaikan gaji, bagi sebagian pekerja berupah paling minim di Amerika, akan sangat bermakna bagi para pekerja di negara bagian Massachusetts dan Washington, di mana upah minimum akan naik menjadi US$11 per jam.

California akan menaikkan upah menjadi $10,50 per jam bagi bisnis dengan 26 karyawan atau lebih. New York mengambil pendekatan regional. Di kota New York, upah naik menjadi $11 per jam, tetapi upah karyawan usaha kecil di kota itu $10,50, $10 dolar untuk pinggiran kota dan $9,70 di tempat lain.

Sembilan negara bagian menyetujui kenaikan upah tahun ini. Upah di tujuh negara bagian lain otomatis naik berdasar indeks dan upah di dua negara bagian lain, ditambah Washington, DC, meski belakangan, juga akan naik tahun 2017. [ka]