Usai Percobaan Pembunuhan Trump, Kepolisian Chicago Pastikan Rencana Pengamanan Konvensi Nasional Partai Demokrat

  • Associated Press

Sebuah layar LED di United Center di Chicago, Illinois, menampilkan logo dan jadwal Konvensi Nasional Partai Demokrat yang akan digelar di venue tersebut dalam acara bersama awak media pada 22 Mei 2024. (Foto: Reuters/Jim Vondruska)

Beberapa hari setelah percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden AS Donald Trump berlangsung di Pennsylvania, Kepala Kepolisian Chicago Larry Snelling menekankan kesiapan kotanya untuk menggelar Konvensi Nasional Partai Demokrat (DNC) bulan depan.

Langkah pengamanan yang rencananya akan diambil Kepolisian Chicago terus berkembang, kata Snelling.

Snelling dengan cepat mencatat bahwa upaya pembunuhan Trump akhir pekan lalu terjadi di arena kampanye luar ruangan, bukan di arena dalam ruangan seperti yang akan digunakan dalam DNC.

“Dinas Rahasia punya rencana untuk mengatasi atap-atap bangunan,” kata Snelling.

Trump mengalami luka gores pada telinganya ketika pelaku penembakan yang berusia 20 tahun melepaskan rentetan tembakan ke arah Trump dari atas atap bangunan di lokasi kampanye Trump, hari Sabtu (13/7).

BACA JUGA: Menteri Keamanan Dalam Negeri AS: Terjadi ‘Kegagalan’ Pengamanan di Lokasi Kampanye Donald Trump 

Acara utama DNC di Chicago akan diselenggarakan di United Center, sebuah arena tertutup, sama seperti tempat diselenggarakannya Konvensi Nasional Partai Republik yang sedang berlangsung di Milwaukee.

Dinas Rahasia akan bertanggung jawab atas keamanan di United Center dan McCormick Place, di mana acara DNC lainnya akan digelar bulan depan.

Kemampuan pelaku penembakan di Pennsylvania untuk mengakses atap bangunan di dekat lokasi kampanye telah menimbulkan pertanyaan tentang perencanaan acara tersebut dan sejauh mana kegagalan pengamanan menjadi penyebabnya.

Di Chicago, kepolisian setempat akan mempertahankan yurisdiksinya di seluruh kota dan ditugaskan untuk menangani aksi unjuk rasa yang diperkirakan akan berlangsung di sekitar lokasi sambil menjalankan tanggung jawab harian mereka. Sementara badan penegak hukum lainnya – FBI, ATF, Kepolisian Negara Bagian Illinois, kepolisian sheriff Cook County – akan membantu.

Snelling mengatakan pada Senin bahwa ia telah berbicara dengan kepala kepolisian Milwaukee sehari sebelumnya, dan keduanya telah terus berkomunikasi seiring persiapan masing-masing kota untuk menggelar konvensi partai. [rd/ka]