Venezuela Gelar Pemilihan Presiden Akhir Pekan Ini

Seorang wanita berjalan melewati sebuah tembok yang tertutup poster kampanye Presiden Hugo Chavez sebagai calon Presiden, dalam Pemilihan Presiden Venezuela di Caracas (Foto: dok). Venezuela akan menggelar Pemilihan Presiden, Minggu ini (7/10).

Rakyat Venezuela akan memutuskan siapa yang akan memimpin negara itu dalam enam tahun ke depan dalam Pemilu Presiden, Minggu (7/10).
Presiden Hugo Chavez telah mengembangkan hubungan bisnis yang kuat dengan lebih dari selusin negara di kawasan selama menjabat 14 tahun. Melalui gerakan sosialis Bolivarian, Venezuela mengirim minyak ke Kuba sebagai ganti atas jasa dokter dan profesional lain.

Pengawas keuangan umum Kuba khawatir pengaturan itu akan terancam jika Presiden Chavez tidak terpilih lagi.

Presiden Chavez memasuki persaingan ketat dengan kandidat oposisi Henrique Capriles, pengacara karismatik, yang seperti presiden, menarik banyak pendukung menjelang Pemilu hari Minggu. Menteri pemerintah Bolivia percaya kemenangan Capriles tidak akan menolong negaranya.

Presiden Chavez, yang bergulat melawan kanker dalam setahun terakhir, menyatakan ia akan terpilih kembali. Tetapi jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan persaingan itu semakin ketat sehingga sulit diperkirakan.