Verstappen Menangkan Grand Prix Spanyol

Pembalap Red Bull asal Belanda Max Verstappen merayakan kemenangannya pada Grand Prix Formula Satu Spanyol di Circuit de Catalunya, Minggu 23 Juni 2024 di Montmelo, di pinggiran Barcelona.

Dengan mengemudikan mobil balap Red Bull-nya, Max Verstappen pada hari Minggu (23/6) meraih kemenangan di Grand Prix Spanyol, yang menambah keunggulannya di kejuaraan pembalap Formula 1.

Verstappen memulai balapan dari posisi kedua di grid di belakang pembalap yang menempati posisi terdepan, Lando Norris. Namun sang juara tiga kali itu berhasil melewati pembalap McLaren itu di tikungan pertama, dan kemudian menyalip George Russell di putaran ketiga dari 66 putaran, dan tidak pernah menoleh ke belakang.

Norris mencoba trik-trik tantangan di akhir-akhir balapan, namun Verstappen meningkatkan kecepatannya untuk menyalip di urutan pertama. Norris berada di urutan kedua, diikuti oleh Lewis Hamilton dengan mobil balap Mercedes di urutan ketiga.

Verstappen mengatakan langkahnya untuk melewati Norris dan Russell begitu awal terbukti krusial sehingga ia dapat membangun keunggulan dan menjaga jarak dengan Norris.

"Saya pikir apa yang membuat perbedaan dalam balapan adalah bagian awal," kata Verstappen. "Saya memimpin dan mendapatkan keuntungan. Setelah itu kami harus mengendarai mobil yang defensif."

Verstappen meraih kemenangan ketujuh dalam 10 balapan musim ini dan meraih kemenangan ketiganya secara beruntun di Sircuit Barselona di Catalonia.

Verstappen berhasil mengumpulkan 219 poin. Norris naik ke posisi kedua dengan 150 poin, mengungguli Charles Leclerc dari Ferrari, yang turun ke posisi ketiga dengan 148 poin setelah finis di urutan kelima. [em/jm]