Warga Vietnam Protes Kilang Minyak China

Ratusan warga Vietnam melakukan unjuk rasa di depan Kedubes China di Hanoi hari Minggu (11/5).

Ratusan warga Vietnam hari Minggu (11/5) di Hanoi melakukan unjuk rasa, memprotes penempatan anjungan pengeboran minyak China di perairan Laut China Selatan.
Ratusan orang berdemonstrasi di luar Kedutaan Besar China di ibukota Vietnam hari Minggu (11/5) untuk memprotes penempatan sebuah anjungan pengeboran minyak China di perairan Laut China Selatan – di dekat Kepulauan Paracel.

Para petugas keamanan yang tidak berseragam mengawasi para demonstran dengan seksama dan memasang penghalang di sepanjang jalan di sekeliling kedutaan besar itu.

Dalam salah satu demonstrasi anti-China terbesar yang pernah terjadi, para demonstran melambai-lambaikan spanduk dan meneriakkan slogan-slogan anti-China.

Vietnam telah mengirim beberapa kapal di daerah di sekitar kilang minyak China itu setelah pemasangannya 1 Mei lalu, tetapi mereka tidak mampu melewati kapal-kapal China yang melindungi instalasi tersebut.

China mengklaim hampir seluruh kawasan Laut China Selatan. Klaim itu tumpang tindih dengan klaim Vietnam, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina dan Taiwan.