Yonhap: Tentara Korut Membelot ke Korea Selatan

Pos penjagaan militer Korea Utara tampak berada di atas sementara kendaraan militer Korea Selatan bergerak di area bawah di wilaya Paju, Korea Selatan, dekat perbatasan kedua negara pada 21 Juli 2024. (Foto: AP/Ahn Young-joon)

Seorang tentara Korea Utara membelot ke Korea Selatan pada Selasa (20/8) pagi dengan menyeberangi perbatasan yang dijaga ketat di bagian timur Semenanjung Korea, lapor kantor berita Yonhap yang mengutip militer Korea Selatan.

Tentara itu menyeberang ke kabupaten Goseong di pesisir timur yang berbatasan dengan Korea Utara dan ia dibawa ke tahanan oleh para penjaga Korea Selatan yang telah memantau pergerakannya, kata kantor berita itu.

Seorang pejabat kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan pihak militer membawa seseorang yang diduga sebagai orang Korea Utara di perbatasan timur ke dalam tahanan dan pihak berwenang sedang menginterogasi tentang motif penyeberangan itu. Pejabat tersebut menolak memberi rincian lebih jauh.

BACA JUGA: Korsel, AS Mulai Latihan Tahunan untuk Hadapi Ancaman Siber dan Militer Korut 

Yonhap melaporkan tentara Korea Utara itu berpangkat staf sersan.

Sebelumnya, seorang warga Korea Utara membelot ke Selatan awal bulan ini di pesisir barat. Pembelotan warga Korea Utara dengan menyeberangi perbatasan dianggap berisiko dan relatif jarang terjadi. Sebagian besar pembelot yang kabur menuju Korea Selatan biasanya bergerak melalui China atau negara-negara ketiga lainnya. [uh/ka]