Zelenskyy Hadir di Panggung Grammy, Minta Dukungan untuk Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan pidato tentang invasi Rusia di Ukraina dalam ajang penghargaan musik Grammy ke-64 yang digelar di Las Vegas, Nevada, pada 3 April 2022. (Foto: Reuters/Mario Anzuoni)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Minggu (3/4) muncul lewat video yang ditayangkan dalam malam penghargaan Grammy di Las Vegas, Amerika Serikat. Dalam video itu, ia meminta para penonton untuk mendukung rakyat Ukraina "dengan cara apapun."

"Apa yang berlawanan dari musik? Keheningan kota-kota yang hancur dan orang-orang yang tewas," kata Zelenskyy dalam video yang diputar menjelang penampilan John Legend dan penyair Ukraina Lyuba Yakimchuck.

BACA JUGA: Musisi Top Dunia Memperebutkan Penghargaan Grammy di Vegas

"Isi keheningan dengan musikmu. Isi hari ini, untuk ceritakan kisah kami. Dukung kami dengan cara apapun. Apapun, asalkan bukan diam," kata Zelenskyy yang mengenakan kaus hijau. Ia berbicara dalam bahasa Inggris, suaranya terdengar serak.

Perang terjadi di Ukraina lebih dari sebulan lalu setelah pasukan militer Rusia menginvasi beberapa wilayah di negara itu. Invasi itu telah menyebabkan ribuan orang tewas, ratusan ribu orang mengungsi dan sejumlah kota-kota hancur.

Rusia berulang kali menyebut aksinya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus." [vm/rs]