Zelenskyy Puji Kesepakatan Keamanan antara Ukraina dan AS 

  • Associated Press

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara kepada jurnalis dalam konferensi pers setelah menandatangani kesepakatan keamanan bilateral dengan Presiden AS Joe Biden di sela KTT G7 di Savelletri, Italia, pada 13 Juni 2024. (Foto: AP/Andrew Medichini)

Presiden AS Joe Biden dan sekutu-sekutu Amerika Serikat, pada Kamis (13/6), mengambil langkah untuk memperkuat solidaritas dengan Ukraina yang tengah memerangi invasi Rusia.

Para pemimpin G7 melapangkan jalan untuk menyediakan paket pinjaman senilai US$50 miliar untuk Kyiv. Amerika serikat secara terpisah juga menandatangani sebuah kesepakatan keamanan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Merespons keberhasilan tersebut, Zelenskyy memuji tercapainya perjanjian dengan AS, mengatakan bahwa persetujuan bersejarah.

BACA JUGA: Para Pemimpin G7 Sepakat Gunakan Aset Rusia untuk Membantu Kyiv

“Sahabat-sahabat, hari ini benar-benar bersejarah. Kami telah menandatangani kesepakatan paling kuat antara Ukraina dan AS sejak kemerdekaan kami. Ini merupakan kesepakatan keamanan yang akan melindungi nyawa manusia,” ujar Zelenskyy.

“Ini adalah kesepakatan kerja sama dan membuat negara kita semakin kuat. Ini adalah kesepakatan mengenai langkah-langkah untuk menjamin perdamaian yang berkesinambungan dan oleh karena itu memberi manfaat kepada semua pihak di dunia karena perang Rusia di Ukraina merupakan ancaman yang nyata.”

Penandatanganan kesepakatan keamanan AS-Ukraina tersebut berlangsung di resor Borgo Egnazia di kawasan Puglia, Italia selatan. [jm/ka]