Zelenskyy: Rusia akan Dapat Dikalahkan Tahun Ini 

  • Associated Press

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melambaikan tangan ke arah media sesaat setelah ia menyelesaikan kunjungannya di Jerman pada 14 Mei 2023. (Foto: AFP/Ina Fassbender)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, pada Minggu (14/5), mengatakan ada kesempatan untuk mempercepat berakhirnya perang dan mengalahkan Rusia tahun ini.

“Inilah saat bagi kita untuk menentukan akhir perang ini tahun ini juga. Tahun ini kita buat penyerang kalah,” ujarnya dalam konferensi pers bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz, sesaat setelah mengunjungi Jerman dan Italia pada akhir pekan ini.

Zelenskyy, pada Minggu malam, melakukan kunjungan mendadak ke Paris untuk berbicara dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Kunjungan Zelenskyy ke berbagai negara Eropa ini telah menghasilkan janji dukungan militer baru saat negara itu tengah mempersiapkan serangan balasan terhadap pasukan pendudukan Rusia.

Kantor Macron juga mengumumkan perjalanan Zelenskyy ke Paris, dan Prancis mengirim pesawat untuk menjemput Zelenskyy di Jerman, di mana ia bertemu dengan Kanselir Olaf Scholz pada Minggu pagi.

Your browser doesn’t support HTML5

Usaha Rintisan Milik Warga Ukraina Berkembang Pesat di Polandia

Kantor Macron mengatakan kedua pemimpin akan mengadakan pembicaraan saat makan malam, di mana Macron akan "menegaskan kembali dukungan Prancis dan Eropa yang tak tergoyahkan untuk menegakkan kembali hak-hak Ukraina yang sah dan untuk membela kepentingannya yang mendasar."

Kedua pemimpin juga akan membahas kebutuhan militer dan bantuan kemanusiaan bagi Ukraina dan “perspektif jangka panjang untuk pulihnya perdamaian di Eropa,” kata kantor Macron.

Prancis telah memasok Ukraina dengan berbagai persenjataan, termasuk sistem pertahanan udara, tank ringan, meriam howitzer, serta senjata dan bahan bakar lainnya. [em/jm]