Tautan-tautan Akses

Trump Mungkin Batalkan UU Asuransi Kesehatan 'Obamacare'


Wapres AS Mike Pence (tengah) dan Menteri Kesehatan AS Tom Price (kedua dari kanan) membahas isu asuransi layanan kesehatan dengan organisasi-organisasi konservatif di Washington DC (10/3) lalu.
Wapres AS Mike Pence (tengah) dan Menteri Kesehatan AS Tom Price (kedua dari kanan) membahas isu asuransi layanan kesehatan dengan organisasi-organisasi konservatif di Washington DC (10/3) lalu.

Layanan kesehatan muncul kembali sebagai fokus politik AS dengan anjuran pemerintahan Trump untuk membatalkan Undang-Undang Asuransi kesehatan yang dikenal sebagai "Obamacare", sementara pihak Demokrat ingin memperkuat UU yang diberlakukan pada tahun 2010.

Departemen Kehakiman AS hari Senin (25/3) mendukung putusan pengadilan federal yang menyatakan ACA tidak konstitusional. Sebelumnya pemerintah mengatakan beberapa bagian ACA harus dibatalkan tetapi tidak semuanya dibatalkan. Presiden Donald Trump mengatakan ia ingin pilihan selain UU itu.

"Partai Republik akan segera dikenal sebagai partai layanan kesehatan. Tunggu saja," ujar Trump.

Komentar itu segera memicu reaksi tajam dari pihak Demokrat di Kongres.

Senator Chuck Schumer, Ketua Minoritas Senat AS mengatakan, "Jika benar, semoga Tuhan bersama warga kelas menengah karena Donald Trump ingin menaikkan biaya obat resep, membatalkan perlindungan untuk penyakit yang sudah diderita sebelumnya, mengabaikan puluhan juta orang dari layanan kesehatan dan memberi tahu anak berusia 21 - 26 tahun mereka tidak bisa lagi mendapatkan layanan kesehatan dari program kesehatan orang tua mereka. "

Ketua DPR Nancy Pelosi juga sama agresifnya. "Dan sekarang mereka menggunakan waktunya untuk menjauhkan orang dari asuransi kesehatan. Sekali lagi, ini tidak mengejutkan. Apa yang diharapkan jika kita tidak memiliki nilai yang sama yaitu layanan kesehatan di Amerika adalah hak mendasar, bukan hak istimewa," tandas Pelosi.

Senat dari Partai Republik bersikeras mereka mendukung komentar presiden dan mereka ingin mempertahankan tanggungan untuk penyakit yang sudah diderita sebelumnya serta secara keseluruhan menurunkan biaya dengan lebih efektif dibandingkan dengan ACA.

Pelosi mengungkapkan proposal Partai Demokrat untuk meningkatkan subsidi bagi pendapatan rumah tangga yang berpenghasilan rendah, memberikan perlindungan lebih besar bagi orang-orang yang sudah menderita penyakit sebelumnya serta memperluas jangkauan dan pendaftaran untuk membantu orang lebih memahami pilihan asuransi. (my)

XS
SM
MD
LG