Tautan-tautan Akses

Kebakaran Hutan Amazon Harus Jadi Bahasan Nomor Satu di KTT G7


Foto citra satelit yang diabadikan NASA menunjukkan kebakaran hutan Amazon di Brazil, 20 Agustus 2019.
Foto citra satelit yang diabadikan NASA menunjukkan kebakaran hutan Amazon di Brazil, 20 Agustus 2019.

Presiden Perancis Emmanuel Macron minta supaya kebakaran hutan di kawasan Amazon di Brazil dijadikan topik pembahasan nomor satu dalam konferensi puncak G7 di Perancis.

“Rumah kita sedang terbakar,” kata Macron lewat Twitter pada Kamis (22/8). “Hutan Amazon adalah paru-paru yang menghasilkan 20 persen oksigen di bumi ini sedang terbakar. Ini adalah krisis internasional,” katanya lagi.

Foto-foto satelit menunjukkan asap yang menutupi kawasan luas Amerika selatan yang disebabkan kebakaran hutan itu.

Lembaga riset antariksa Brazil melaporkan minggu ini ada 73.000 titik api di kawasan Amazon saat ini, kenaikan 83 persen dibanding tahun lalu.

Pakar lingkungan mengatakan, penyebabnya adalah Presiden Brazil Jair Bolsonaro, dari kelompok ekstrem kanan, yang mendorong petani dan pihak-pihak lain untuk membuka hutan guna pertanian, peternakan dan industri.

Bolsonaro juga dikecam karena sikapnya yang anti-lingkungan, demi memperkaya industri perminyakan, pertambangan, peternakan dan perkayuan. Bolsonaro menyebut hutan Amazon sebagai sumber ekonomi yang harus dimanfaatkan.

Tanpa memberikan bukti apapun, Bolsonaro juga menuduh kelompok-kelompok non-pemerintah dengan sengaja menyebabkan kebakaran itu untuk menjatuhkan pemerintahannya. Ia juga mengatakan pemerintahnya tidak punya kemampuan memadamkan kebakaran yang menghanguskan kawasan yang sangat luas. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG