Tautan-tautan Akses

PM Jepang Kembali ke RS, Picu Spekulasi Tentang Kesehatannya


PM Jepang Shinzo Abe tiba di Rumah Sakit Keio University, 24 Agustus 2020, di tengah spekulasi tentang kesehatannya. (Foto: Kyodo).
PM Jepang Shinzo Abe tiba di Rumah Sakit Keio University, 24 Agustus 2020, di tengah spekulasi tentang kesehatannya. (Foto: Kyodo).

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kembali ke rumah sakit untuk kedua kalinya dalam seminggu. Hal itu memicu spekulasi bahwa dia mungkin menghadapi masalah kesehatan yang serius.

Pasca kunjungannya ke RS Universitas Keio Tokyo, Abe (65), memberitahu para wartawan bahwa dia menindaklanjuti kunjungan sebelumnya dan untuk menjalani tes tambahan. Dia tidak merinci mengapa tes-tes itu diberikan. Kunjungan empat jam itu dilakukan menyusul pemeriksaan pekan lalu yang memerlukan waktu sekitar delapan jam.

Kunjungannya ke RS itu dilakukan pada hari yang sama yang menandai Abe sebagai perdana menteri yang paling lama menjabat di Jepang, yaitu 2.799 hari. Rekor itu mengalahkan rekor yang dipegang sebelumnya oleh paman buyutnya Eisaku Sato.

Abe, yang pemerintahannya telah diguncang beberapa skandal politik dalam beberapa tahun belakangan, mengatakan kepada wartawan bahwa "politik bukan tentang berapa lama seseorang menjabat, tapi apa yang telah dicapai." Dia juga berterima kasih kepada rakyat Jepang karena memberinya dukungan kuat dalam pemilu.

"Saya mengabdikan diri saya setiap hari untuk melaksanakan janji-janji yang saya buat kepada rakyat," katanya. [vm/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG