Tautan-tautan Akses

Kroasia Diguncang Gempa Berkekuatan 5 SR


Sebuah rumah rusak dari Ankica Loncarevic terlihat setelah gempa berkekuatan 5,2 di Petrinja, Kroasia, 28 Desember 2020. (Foto: REUTERS/Antonio Bronic)
Sebuah rumah rusak dari Ankica Loncarevic terlihat setelah gempa berkekuatan 5,2 di Petrinja, Kroasia, 28 Desember 2020. (Foto: REUTERS/Antonio Bronic)

Gempa berkekuatan sedang atau moderat mengguncang Kroasia di dekat ibu kotanya, Zagreb, Senin (28/12) pagi.

Insiden itu memicu kepanikan dan menimbulkan kerusakan pada sejumlah bangunan di beberapa kawasan di sebelah selatan Zagreb. Belum ada laporan mengenai apakah ada korban tewas dan luka.

Sejumlah pakar seismologi Kroasia mengatakan kekuatan gempa yang terjadi sekitar pukul 07.30 waktu setempat itu adalah 5 Skala Richter. (SR). Pusat gempa terletak di sebuah kawasan di dekat kota Petrinja dan kota Sisak, sekitar 50 kilometer dari sebelah selatan Zagreb. Beberapa getaran kecil dirasakan setelah gempa itu.

Wali Kota Petrinja, Darinko Dumbovic, mengatakan kepada televisi pemerintah HRT, “Batu bata dan ubin-ubin berserakan di jalan-jalan dan cerobong-cerobong asap ambruk.” Ia mengatakan, presiden dan perdana menteri Kroasia akan mengunjungi kota itu Senin (28/12) malam.

Gempa juga dirasakan di negara tetangga Bosnia.

Gempa melanda Zagreb dan kawasan sekitarnya 22 Maret lalu. Insiden itu menyebabkan kerusakan besar di Zagreb. Satu orang meninggal dan setidaknya 27 orang terluka.

Gempa yang terjadi Senin (28/12) pagi tampaknya lebih ringan. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG