Tautan-tautan Akses

31 Bintang K-Pop Bergabung dalam Kampanye 'Climate Action'


Anggota band K-Pop BTS berpose dalam konferensi pers untuk mempromosikan album baru, "BE(Deluxe Edition) di Seoul, Korea Selatan, 20 November 2020. (Foto: Heo Ran/Reuters)
Anggota band K-Pop BTS berpose dalam konferensi pers untuk mempromosikan album baru, "BE(Deluxe Edition) di Seoul, Korea Selatan, 20 November 2020. (Foto: Heo Ran/Reuters)

Sementara band-band K-pop seperti BTS dan Blackpink melakukan kegiatan advokasi untuk isu-isu lingkungan dan HAM, kini semakin banyak band K-pop bergabung untuk membantu upaya pelestarian lingkungan. 

Para anggota dari tujuh band K-pop, termasuk Oh My Girl dan AB61X, meluncurkan sebuah kampanye yang dijuluki “Kstars4climate” pada Kamis (22/4) guna menggugah kesadaran tentang perubahan iklim sehubungan peringatan Hari Bumi ini.

Dari segi jumlah peserta selebriti, kampanye ini merupakan yang pertama kali terjadi di Korea Selatan.

Tiga puluh satu bintang K-pop meluncurkan sebuah video tentang berbagai tantangan seputar perubahan iklim. Dalam salah satu klip video, mereka mengutarakan kalimat-kalimat pendek tentang perubahan iklim dan maknanya, dengan harapan pesan-pesan ini akan disambut baik fans mereka di seluruh dunia.

Hyojung dari Oh My Girl mengatakan, “Saya sadar saya bisa melindungi hal-hal yang saya cintai dengan ikut menjaga lingkungan, misalnya kopi. Saya suka mendaki gunung, menikmati alam dan memandang bintang-bintang. Akan mengerikan jika tidak bisa lagi menikmati hal-hal yang menjadi bagian yang sangat berarti dalam hidup saya,”

Kepada Associated Press dia mengatakan, dia melakukan langkah-langkah khusus untuk mendaur ulang dan menyumbangkan barang-barang yang tidak dipakainya lagi.

31 Bintang K-Pop Bergabung dalam Kampanye 'Climate Action'
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:25 0:00

Jeon Woong dari band K-pop AB61X menyarankan agar fansnya menggunakan gelas tumbler yang dipakai ulang sebagai pengganti gelas plastik sekali pakai.

“Saya merasa keren kalau menyerahkan gelas tumbler kepada kasir dan minta 'Tolong tuangkan minuman saya ke dalam tumbler ini',” kata Jeon.

Klip-klip video baru dari selebriti yang ikut kampanye akan dirilis setiap dua minggu sampai akhir Juni, demikian menurut the Climate Media Hub, salah satu sponsor dari kampanye ini. [jm/my]

Recommended

XS
SM
MD
LG