Tautan-tautan Akses

Pasca Lawatan ke Moskow, Pakistan akan Impor Gandum dan Gas dari Rusia


Perdana Menteri Pakistan Imran Khan ambil bagian dalam upacara pelatakan karangan bunga di Kremlin Wall, Moskow, sebagai bagian dari lawatannya ke Rusia, pada 24 Februari 2022. (Foto: Pool/AFP/Alexander Nemenov)
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan ambil bagian dalam upacara pelatakan karangan bunga di Kremlin Wall, Moskow, sebagai bagian dari lawatannya ke Rusia, pada 24 Februari 2022. (Foto: Pool/AFP/Alexander Nemenov)

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, pada Senin (28/2), mengumumkan negaranya akan mengimpor sekitar dua juta ton gandum dari Rusia sekaligus membeli gas alam melalui perjanjian bilateral yang ditandatangani kedua belah pihak pekan lalu selama kunjungan resminya ke Moskow.

Khan melanjutkan dua hari kunjungannya dan bertemu Presiden Vladimir Putin di Kremlin pada Kamis (24/2) lalu, beberapa jam setelah pasukan Rusia menginvasi Ukraina, ketika negara-negara Barat mendorong untuk mengisolasi pemimpin Rusia itu atas agresi yang terjadi.

Khan, pada Senin (28/2), membela lawatannya itu dan menanggapi sejumlah kritik dalam sebuah pidato yang disiarkan melalui televisi, dengan mengatakan kepentingan ekonomi Pakistan mengharuskannya untuk melakukan hal itu.

“Kami ke sana karena harus mengimpor dua juta ton gandum dari Rusia. Kedua, kami telah menandatangani perjanjian impor gas alam karena cadangan gas Pakistan sendiri semakin menipis,” kata Khan.

“Atas ijin Tuhan, waktu akan membuktikan bahwa kami melakukan pembicaraan yang sangat baik,” ujar pemimpin Pakistan itu, merujuk pada pertemuannya selama tiga jam dengan Putin. Ia tidak merinci lebih jauh.

Namun demikian sejumlah kritikus skeptis dengan kerjasama ekonomi Moskow-Islamabad, merujuk pada sanksi-sanksi internasional yang lebih keras terhadap Rusia setelah melakukan invasi ke Ukraina.

Putin, pada Kamis (24/2) lalu, dengan hangat menerima Khan di Kremlin dengan berjabat tangan dan duduk berdampingan dalam pertemuan yang digambarkan sebagian pejabat Pakistan sebagai konsultasi tentang beragam hal dalam isu-isu bilateral, regional dan internasional. [mg/em]

Recommended

XS
SM
MD
LG