Tautan-tautan Akses

Bentrok Yerusalem Akibat Pawai Bendera Israel


Bentrok Yerusalem Akibat Pawai Bendera Israel
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:00:58 0:00

Dilansir dari Reuters, Palestina sebelumnya telah memperingatkan bahwa aksi pawai bendera Israel bisa memperpanas ketegangan antara Palestina dan Israel.


Ribuan massa Israel tetap menjalankan aktivitas pawai tahunan mereka di Kota Lama Yerusalem dengan penjagaan ketat untuk menghindari konflik dengan warga Palestina yang memprotes pawai.

Laporan dari Reuters, sebagian besar massa dalam pawai menari dan bernyanyi, dan sebagian lainnya justru bersikap konfrontatif.

Selain pawai, polisi Israel sebut rekor 2600 warga Yahudi melakukan tur di komplek Al-Aqsa. Warga Palestina yang ingin mencegah tur ini meresppn dengan pelemparan batu dan kembang api yang dibalas dengan granat setrum oleh polisi Israel.

Al-Aqsa sendiri adalah situs tersuci ke-3 dalam Islam. Dalam agama Yahudi, situs ini disebut ‘Temple Mount’.

Pawai ini merupakan kegiatan tahunan oleh kelompok Yahudi nasional Israel, memperingati perayaan penaklukan Kota Lama Yerusalem pada tahun 1967 saat perang Timur Tengah.

Tahun lalu pawai ini memicu serangan roket oleh Hamas, yang memicu perang 11 hari dan membunuh sedikitnya 250 warga Palestina di Gaza, dan 13 orang di Israel.

XS
SM
MD
LG