Tautan-tautan Akses

Taiwan Tembak Jatuh Pesawat Nirawak di Pesisir China


Pasukan militer Taiwan mengoperasikan Howitzer 115 mm dalam latihan militer di wilayah Pingtung, di selatan Taiwan, pada 9 Agustus 2022. (Foto: AFP/Sam Yeh)
Pasukan militer Taiwan mengoperasikan Howitzer 115 mm dalam latihan militer di wilayah Pingtung, di selatan Taiwan, pada 9 Agustus 2022. (Foto: AFP/Sam Yeh)

Pihak militer Taiwan, pada Kamis (1/9), menembak jatuh sebuah pesawat nirawak yang tidak dikenal di lepas pantai China, demikian menurut Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan.

Setelah memasuki wilayah udara Taiwan di atas pulau Shiyu, militer Taiwan berusaha memperingatkan pesawat nirawak itu agar menjauh dengan suar sebelum akhirnya menembak pesawat tersebut dan kemudian jatuh ke laut.

Sebelumnya pada minggu ini, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memerintahkan militer Taiwan mengambil langkah penanggulangan terhadap setiap provokasi yang dilakukan China setelah Beijing melakukan latihan militer selama beberapa hari di seputar pulau itu.

Sejumlah latihan tersebut, yang merupakan bagian dari ujuk kebolehan terbesar yang dilakukan oleh pasukan China baik di wilayah udara maupun di laut sekeliling Taiwan, dimulai menyusul lawatan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke wilayah kepulauan yang memiliki pemerintahannya sendiri itu pada awal Agustus lalu.

Dalam beberapa hari ini, pesawat nirawak yang tidak dikenal dilaporkan terbang di atas pulau-pulau yang dikuasai Taiwan. Pada Selasa (30/8), militer Taiwan terlihat memberi tembakan peringatan ke arah sebuah pesawat nirawak China di atas pulau Kinmen yang dikuasai Taiwan, yang berjarak kurang dari 10 kilometer dari daratan China.

Pada Kamis, pihak militer Taiwan menerbitkan pernyataan yang mengonfirmasi pihaknya menembak ke arah pesawat nirawak tersebut.

Menyusul insiden ini, Liberty Times Net, media berita nasional di Taiwan, melaporkan sejumlah pejabat China mengatakan bahwa Taiwan telah “menciptakan ketegangan” seputar isu tersebut. [jm/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG