Tautan-tautan Akses

Kecelakaan Helikopter, Mendagri Ukraina dan Pejabat Senior Tewas


Militer dan warga sekitar berdiri di lokasi jatuhnya helikopter di dekat taman kanak-kanak di luar ibu kota Kyiv, 18 Januari 2023. Sedikitnya 18 orang termasuk dua anak dan Mendagri Ukraina dalam insiden tersebut. (Sergei Supinsky / AFP)
Militer dan warga sekitar berdiri di lokasi jatuhnya helikopter di dekat taman kanak-kanak di luar ibu kota Kyiv, 18 Januari 2023. Sedikitnya 18 orang termasuk dua anak dan Mendagri Ukraina dalam insiden tersebut. (Sergei Supinsky / AFP)

Kecelakaan helikopter di luar ibu kota Ukraina, Rabu (17/1) menewaskan sedikitnya 18 orang, termasuk Menteri Dalam Negeri Denys Monastyrskyi dan beberapa pejabat senior kementerian itu.

Para pejabat mengatakan kecelakaan itu terjadi di dekat sebuah sekolah taman kanak-kanak di Brovary, pinggiran timur Kyiv.

Belum jelas apa yang menyebabkan helikopter itu jatuh. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dalam sebuah unggahan Telegram bahwa dia telah minta pihak berwenang untuk menyelidiki kecelakaan itu.

Zelenskyy menyebut kecelakaan itu sebagai “tragedi yang mengerikan.” Dia mengatakan jumlah pasti korban belum diketahui, tetapi dia mengatakan bahwa yang tewas termasuk sedikitnya tiga anak. “Rasa sakitnya tak terkatakan,” kata Zelenskyy.

“Tragedi jauh dari garis depan, di Brovary,” cuit Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba. “Belasungkawa saya untuk kerabat para korban, terutama anak-anak.”

Kuleba menambahkan bahwa Monastyrskyi dan Wakil Menteri Dalam Negeri Yevhen Yenin adalah “patriot Ukraina sejati.”

Bantuan militer

Amerika Serikat dan negra-negara sekutu Ukraina lainnya memberi Ukraina persenjataan dan pelatihan yang lebih canggih mengenai sistem persenjataan tersebut. Lebih banyak bantuan kemungkinan akan diumumkan pada hari Jumat (20/1) saat mereka mengadakan pertemuan terbaru Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina pimpinan AS di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman .

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin akan memimpin pembicaraan, yang akan dihadiri oleh puluhan menteri pertahanan, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov.

Pada hari Kamis, Austin mengunjungi Berlin untuk bertemu dengan menteri pertahanan Jerman yang akan datang Boris Pistorius sementara Jerman mempertimbangkan untuk menyetujui tank tempur Leopard 2 untuk pasukan Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dia membahas kerja sama pertahanan dengan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier menjelang pertemuan Ramstein. Zelenskyy tidak menyebut tank Jerman dalam pidato malamnya Selasa (14/1). [lt/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG