Tautan-tautan Akses

Pertempuran Berkecamuk di Darfur Sudan pada Gencatan Senjata Hari ke-4


Asap mengepul di atas gedung-gedung di Khartoum pada 24 Mei 2023. Pertempuran mereda tetapi tidak berhenti di Sudan pada 24 Mei. (Foto: AFP)
Asap mengepul di atas gedung-gedung di Khartoum pada 24 Mei 2023. Pertempuran mereda tetapi tidak berhenti di Sudan pada 24 Mei. (Foto: AFP)

Pertempuran antara pasukan yang setia kepada para jenderal yang saling bersaing mengguncang kawasan Darfur di bagian barat Sudan pada hari Jumat, kata para saksi mata. Ini adalah hari keempat gencatan senjata rapuh yang diperantarai AS dan Arab Saudi.

Gencatan senjata sepekan, yang terakhir dari serangkaian kesepakatan yang semuanya dilanggar secara sistematis, dilanggar hanya beberapa menit setelah mulai diberlakukan pada Senin tengah malam.

Sejak itu terjadi pelanggaran lebih lanjut terhadap gencatan senjata, yang dimaksudkan untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan yang sangat diperlukan itu mencapai daerah-daerah yang dilanda perang di Sudan. Kedua pihak yang berperang saling menyalahkan pihak lain atas pelanggaran itu.

Di El Fasher, Ibu Kota Darfur Utara, warga melaporkan “pertempuran dengan semua jenis senjata,” enam pekan setelah meletusnya perang antara militer yang dipimpin Abdel Fattah al-Burhan dan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF).

Sejak meletus pada 15 April, pertempuran telah menewaskan lebih dari 1.800 orang, menurut Proyek Lokasi dan Kejadian Konflik Bersenjata.

PBB mengatakan lebih dari satu juta orang Sudan telah mengungsi, ditambah lagi 300 ribu lainnya yang melarikan diri ke negara-negara tetangga.

Bahkan sebelum konflik dimulai, sepertiga dari 45 juta orang Sudan menghadapi kelaparan, dan sekitar 25 juta orang kini sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan, kata PBB.

Meskipun perjanjian gencatan senjata yang sekarang in memungkinkan jeda dalam pertempuran, belum ada koridor kemanusiaan yang dibuka untuk memungkinkan warga sipil pergi atau bantuan mencapai daerah-daerah yang terimbas perang. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG