Tautan-tautan Akses

AS Tawarkan Proposal Serius kepada Rusia untuk Membebaskan Paul Whelan


Mantan anggota marinir AS, Paul Whelan, berdiri di dalam sel terdakwa dalam sidang kasus yang menimpa dirinya di Moskow, Rusia, pada 15 Juni 2020. (Foto: Reuters/Maxim Shemetov)
Mantan anggota marinir AS, Paul Whelan, berdiri di dalam sel terdakwa dalam sidang kasus yang menimpa dirinya di Moskow, Rusia, pada 15 Juni 2020. (Foto: Reuters/Maxim Shemetov)

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah menawarkan sebuah “proposal serius” kepada Rusia untuk membebaskan warga negara AS yang ditahan, Paul Whelan.

Hal itu disampaikan setelah Blinken berbicara dengan Whelan pada Rabu (16/8).

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa Menteri Blinken berbicara dengan Paul Whelan kemarin pada 16 Agustus. Saya tidak akan merinci isi percakapan telepon itu, kecuali bahwa menteri dapat mendengar langsung dari mulut Paul tentang kondisinya dan memberi tahu Paul bahwa Presiden Biden dan ia tetap berkomitmen untuk membawanya pulang dan melakukan segalanya yang bisa mereka lakukan,” ungkap Wakil Utama Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Vedant Patel, Kamis (17/8).

Whelan ditangkap pada tahun 2018. Pada 2020, dia dijatuhi hukuman 16 tahun penjara atas dakwaan spionase.

Reporter Wall Street Journal Evan Gerskovich juga ditahan Rusia sejak Maret lalu atas dakwaan spionase.

Gerskovich, 31, yang berkebangsaan AS, ditangkap di Kota Yekaterinburg ketika melakukan liputan di Rusia.

Ia dan surat kabar itu menyangkal semua tuduhan yang dilontarkan oleh Rusia. Pemerintah AS pun menyatakan bahwa ia ditangkap secara tidak sah. Penangkapannya mengguncang wartawan di Rusia, di mana pihak berwenang belum menunjukkan bukti apa pun untuk mendukung dakwaan spionase yang dikenakan padanya. [rd/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG