Tautan-tautan Akses

Swedia Konfirmasi Warganya Ditahan di Iran Sejak Tahun Lalu


Seorang petugas keamanan berjaga di depan pintu masuk penjara Evin di Teheran (foto: ilustrasi).
Seorang petugas keamanan berjaga di depan pintu masuk penjara Evin di Teheran (foto: ilustrasi).

Swedia, Senin (4/9) mengatakan seorang warga negaranya yang berusia 30-an ditahan secara sewenang-wenang di Iran tahun lalu dan menyerukan pembebasannya segera.

Pemerintah Swedia tidak mengidentifikasi pria tersebut, namun The New York Times mengatakan bahwa ia adalah Johan Floderus, seorang warga Swedia yang pernah bekerja untuk korps diplomatik Uni Eropa.

Mengutip sumber anonim, surat kabar itu mengatakan Floderus ditangkap dalam perjalanan pribadi ke Iran untuk kemungkinan digunakan oleh Teheran sebagai alat tawar-menawar dalam upaya mencari konsesi dari Barat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, mengatakan kepada kantor berita semi-resmi Fars bahwa ia tidak memiliki informasi mengenai kasus tersebut.

Kementerian Luar Negeri Swedia mengatakan pria tersebut ditahan di Iran pada bulan April tahun lalu namun menolak memberikan rincian.

“Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Swedia di Teheran bekerja dengan sangat intensif menangani kasus ini dan menjaga hubungan erat dengan UE,” kata kementerian itu melalui email. [my/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG