Tautan-tautan Akses

Houthi Yaman Klaim Serangan terhadap Kapal-Kapal di Teluk Aden


Kapal kargo Yunani, Sea Champion, berlabuh di pelabuhan Aden, Yaman, tempat kapal tersebut tiba setelah diserang di Laut Merah dalam apa yang tampaknya merupakan serangan rudal keliru oleh milisi Houthi (foto: dok).
Kapal kargo Yunani, Sea Champion, berlabuh di pelabuhan Aden, Yaman, tempat kapal tersebut tiba setelah diserang di Laut Merah dalam apa yang tampaknya merupakan serangan rudal keliru oleh milisi Houthi (foto: dok).

Sebuah serangan rudal oleh kelompok pemberontak Houthi Yaman menghantam kapal kargo berbendera Antigua dan Barbuda di Teluk Aden, serangan terbaru terhadap pelayaran di wilayah itu.

Perusahaan keamanan swasta, Ambrey, mengatakan rudal itu menghantam bagian depan kapal pada Sabtu malam (8/6), memicu kebakaran yang kemudian berhasil dipadamkan oleh para awak kapal.

Rudal kedua yang ditembakkan ke kapal itu meleset dan orang-orang Houthi yang berada di kapal kecil di sekitarnya menembaki kapal selama insiden tersebut,” tambah Ambrey, meskipun tidak ada yang terluka di dalam kapal.

Pusat Operasi Perdagangan Maritim Inggris, yang dioperasikan oleh militer Inggris, juga melaporkan serangan dan kebakaran di kawasan yang sama di lepas pantai Aden, dan mengatakan “upaya mengendalikan kerusakan sedang berlangsung.”

Houthi Klaim Beberapa Serangan, Tanpa Bukti

Juru bicara militer Houthi, Brigjen Yahya Saree, mengklaim serangan tersebut dalam sebuah pesan video yang direkam pada hari Minggu (9/6), dan mengatakan kapal itu telah menjadi sasaran rudal dan pesawat tak berawak. Dia mengidentifikasi kapal tersebut sebagai Norderney, sebuah kapal yang menurut data pelacakan yang dianalisis oleh kantor berita Associated Press masih berada di Teluk Aden pada hari Minggu sore.

Saree juga mengklaim adanya serangan-serangan yang tidak dilaporkan terhadap sebuah kapal perang dan kapal lain di Laut Arab, tanpa memberikan bukti apapun untuk mendukung klaimnya. Houthi telah membesar-besarkan beberapa serangan mereka sejak meluncurkan kampanye tersebut akhir tahun lalu.

Kelompok Houthi, yang merebut ibu kota Yaman hampir satu dekade yang lalu dan sejak saat itu telah memerangi koalisi yang dipimpin Arab Saudi, telah menarget pelayaran di seluruh koridor Laut Merah selama perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

Mereka mengatakan serangan-serangan yang dilancarkan itu untuk menghentikan perang Israel-Hamas dan mendukung warga Palestina, meskipun serangan-serangan itu kerap menghantam kapal-kapal yang tidak ada hubunganya dengan konflik tersebut. [em/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG