Tautan-tautan Akses

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, Tewas Dibunuh di Teheran


Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh berbicara dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian di Teheran, Iran, pada 26 Maret 2024. (Foto: AP/Vahid Salemi)
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh berbicara dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian di Teheran, Iran, pada 26 Maret 2024. (Foto: AP/Vahid Salemi)

Kelompok paramiliter Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) pada Rabu (31/7) mengatakan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, telah tewas dibunuh di Teheran.

Belum ada pihak yang segera yang menyatakan bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut, tetapi laporan The Associated Press menyebutkan, kecurigaan segera mengarah kepada Israel, yang telah bersumpah untuk membunuh Haniyeh dan pemimpin Hamas lainnya, karena serangan kelompok itu pada 7 Oktober lalu ke Israel, yang menewaskan 1.200 orang dan sekitar 250 orang lainnya disandera.

Pernyataan dari Iran tidak memberikan detil tentang bagaimana Haniyeh dibunuh.

Stasiun televisi pemerintah Iran melaporkan terbunuhnya Haniyeh pada Rabu (31/7) pagi, dan para analis dengan cepat menyalahkan Israel atas pembunuhan itu.

Israel sendiri tidak segera berkomentar tetapi memang seringkali mereka tidak memberikan pernyataan dalam hal pembunuhan yang dilakukan oleh badan intelejennya, Mossad.

Sementara Reuters melaporkan, kelompok militan Hamas juga sudah mengeluarkan pernyataan terkait hal itu.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok tersebut menyatakan duka cita atas kematian Haniyeh, yang menurut mereka dibunuh dalam sebuah “serangan zionis yang berbahaya di kediamannya di Teheran.”

Haniyeh berada di Teheran untuk menghadiri pengambilan sumpah presiden Iran yang baru pada Selasa (30/7).

“Pada pagi hari ini, kediaman Ismail Haniyeh di Teheran diserang, mengakibatkan dia dan salah satu pengawalnya mati syahid. Penyebabnya sedang diselidiki dan akan segera diumumkan,” kata pihak Garda Revolusi. [ns/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG